Tips Memilih Makanan Anjing yang Tepat Agar Anjing Sehat dan Nafsu Makan Tinggi

Memilih makanan anjing tidak seperti memilih makanan kucing. Mengapa? Karena keduanya memiliki nature yang berbeda. Di saat kucing adalah hewan karnivora sejati, anjing ternyata bisa makan makanan lain selain hewan.

Inilah yang membuat makanan anjing harus mengandung lebih dari sekadar daging untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya. Lalu bagaimana cara memilih makanan anjing yang tepat? Untuk tahu bagaimana cara memilih makanan anjing yang tepat, berikut ini adalah langkah yang bisa kamu lakukan.

Edukasi diri

Sebelum kamu memilih merek makanan anjing mana yang akan kamu beli untuk anak bulu kesayangan kamu, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengedukasi diri. Edukasi diri ini sangat penting sebagai salah satu bekal untuk memilih makanan anjing yang terbaik untuk kawan kesayangan Kamu.

Edukasi yang harus dilakukan adalah edukasi mengenai pilihan nutrisi makanan untuk anjing kamu. Ada banyak sekali info mengenai nutrisi yang tepat untuk anak anjing Kamu. Semua informasi mengenai nutrisi ini bisa kamu dapatkan dari banyak sumber termasuk sumber online.

Akan tetapi hati-hati ya! Saat mencari informasi mengenai nutrisi penting untuk makanan anjing kamu harus tahu dahulu apakah sumber informasi kamu ini berkualitas atau tidak. Hindari mencari informasi dari website yang tidak reliable mengenai nutrisi yang dibutuhkan teman bulu kamu. Tujuannya agar kamu tidak salah langkah dalam memberikan makanan dan nutrisi terbaik bagi anjing kamu.

Selalu baca label pada kemasan makanan

Setelah belajar mengenai nutrisi makanan untuk anjing, hal lain yang tidak kalah penting untuk dilakukan adalah membaca label kemasan pada makanan anjing kamu. Kamu harus tahu bahwa tiap ras anjing akan membutuhkan nutrisi yang berbeda. Oleh karena itu, pastikan kamu membaca label untuk memastikan makanan yang kamu pilih untuk anjing kamu sesuai dengan kebutuhannya.

Selain penting untuk menyesuaikan kandungan makanan dengan jenis ras anjing kamu, membaca label pada kemasan juga sangat penting untuk memastikan makanan yang kamu pilih adalah makanan yang tepat untuk anjing yang semi karnivora ini.

Seperti disebutkan sebelumnya, anjing memang bukan hewan karnivora sejati, akan tetapi ia tetap akan membutuhkan makanan dengan dasar daging-dagingan. Dengan membaca label, Kamu bisa tahu apa saja kandungan dari makanan anjing yang akan kamu berikan pada peliharaan kesayangan kamu.

Saat membaca label, pastikan untuk menghindari jenis makanan yang terlalu banyak filler-nya. Filler yang dimaksud di sini adalah kandungan tambahan seperti gandum, jagung dan juga kedelai. Terlalu banyak kandungan filler ini juga tidak baik untuk anjing kamu.

Berikan makanan yang berbeda-beda pada anjing kamu

Tidak seperti kucing yang akan mengalami diare jika makanannya terlalu sering diganti, anjing malah sebaliknya. Jika kamu memelihara anjing, akan lebih baik jika kamu merotasi makanannya mulai dari 2 hingga 6 bulan. Terutama jika kamu memberikan makanan berupa makanan kaleng atau makanan komersial lainnya.

Ketika kamu akan mengganti makanan untuk anjing kamu, pastikan kamu mengganti produk dari perusahaan yang berbeda. Hal ini bertujuan agar kamu bisa memberikan makanan dengan ragam rasa dan ragam formula nutrisi.

Selain memberikan rasa makanan yang berbeda-beda, memberikan makanan anjing yang berbeda-beda juga bisa menghindarkan anjing dari rasa bosan. Anjing yang bosan bisa saja berhenti makan makanan mereka lho! Oleh karena itu, pastikan kamu mengganti makanan anjing secara berkala untuk membuatnya tetap menikmati waktu makannya.