Seberapa Penting Konsultan SLF untuk Sebuah Bangunan

Konsultan SLF merupakan salah satu pengkaji teknis yang sangat berpengalaman dalam pembangunan. Dimana pemilik wajib memiliki Izin Mendirikan Bangunan dari Pemerintah atau Kabupaten setempat.

Seberapa Penting Konsultan SLF untuk Sebuah Bangunan

Bagi Anda yang ingin mengetahui seberapa penting peran konsultan SLF atas sebuah bangunan, maka Anda perlu memahami beberapa informasi mengenai SLF berikut ini.

1.      Apa Itu Sertifikat Laik Fungsi?

SLF merupakan sertifikat yang diberikan oleh pemerintah daerah atas bangunan gedung yang sudah selesai dibangun. Selain itu, SLF ini juga diberikan kepada bangunan yang sudah memenuhi persyaratan kelaikan fungsi yang didasarkan pada hasil pemeriksaan kelaikan fungsi bangunannya.

2.      Apakh Tujuan dari SLF?

Ada beberapa tujuan dari pengurusan Surat Laik Fungsi ini, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • SLF merupakan salah satu syarat untuk bisa melakukan pemanfaatan atas sebuah gedung.
  • SLF akan diberikan pada bangunan yang sudah selesai dibangund an memenuhi persyaratan keadaan bangunan dan sesuai dengan izin yang sudah diberikan.

3.      Indikator SLF

Ada beberapa indikator yang digunakan sebagai dasar diloloskannya pengurusan SLF, diantaranya adalah kesesuaian fungsi, persyaratan tata bangunannya, keselamatan, kesehatan, kenyamanan, serta kemudahan dalam perawatan dan pemeliharaan.

4.      Masa Berlaku SLF

Bangunan gedung yang sudah memenuhi persyaratan kelaikan fungsi serta fungsi penggunaannya sudah sesuai dengan IMB, maka akan diberikan Sertifikat Laik Fungsi ini. Dimana SLF ini akan diterbitkan oleh pemerintah Kota atau Kabupaten setempat.

Sertifikat Laik Fungsi ini diterbitkan dengan masa berlaku yang terbagi menjadi 2, yakni 5 tahun untuk bangunan umum dan masa berlaku 10 tahun untuk bangunan rumah tinggal.

Jadi, mengapa SLF ini penting? Sebab, SLF merupakan sertifikat yang diterbitkan oleh pemerintah atas bangunan gedung yang sudah selesai dibangun sesuai IMB dan sudah memenuhi persyaratan kelaikan teknis yang sesuai dengan fungsi bangunannya. Hal ini pun akan didasarkan pada hasil pemeriksaan instansi maupun jasa konsultan terkait.

Bagi Anda yang memang sedang berencana untuk memperpanjang masa SLF bangunan pabrik, silahkan percayakan ke Konsultan SLF terbaik dari Pengkaji Teknis. Mengapa harus Pengkaji Teknis? Sebab, Pengkaji Teknis merupakan konsultan yang akan memberikan jasa di bidang arsitektur, perencanaan dan studi kelayakan, pengembangan pariwisata, lingkungan (AMDAL, UKL/UPL, dan lain-lain), studi transportasi (Andalalin), dan sertifikat kelayakan bangunan atau Sertifikat Laik Fungsi (SLF).