Rani Mulyasari, Srikandi Timnas Futsal Wanita Indonesia

Siapa bilang futsal hanya untuk kaum adam. Nyatanya wanita pun bisa bermain bahkan berprestasi dalam cabang olahraga satu ini. Salah satu srikandi timnas futsal wanita Indonesia adalah Rani Mulyasari.

Rani “Odoy” Mulyasari adalah salah satu atlet futsal wanita berprestasi berkebangsaan Indonesia. Rani lahir di Tangerang 04 Maret 1993 (28 tahun).  Selain menjadi anggota timnas futsal wanita Indonesia, Rani Mulyasari masuk dalam Persiba Female FC dan bermain di Woman Pro Futsal League.

Sebelum bergabung dengan Persiba Female FC, Rani Mulyasari merupakan anggota dari Jaya Kencana Angels atau JK Angels pada tahun 2009-2016.

Awal Karir

Rani Mulyasari sebenarnya tidak mengawali karirnya sebagai atlet futsal, melainkan atlet sepak bola. Kecintaan Rani Mulyasari pada si kulit bundar diturunkan dari sang ayah yang sering mengajaknya bermain bola di lapangan.

Sejak saat itu, Rani pun terus berlatih hingga berhasil lolos seleksi timnas U-16 sepak bola di tahun 2009. Sayangnya, kompetisi sepak bola wanita tak sebanyak kompetisi futsal wanita saat itu sehingga Rani pun memutuskan untuk menekuni futsal ketimbang sepak bola.

Pada tahun 2010, Rani Mulyasari pun mulai tergabung dengan timnas futsal wanita Indonesia dan berlaga atas nama Merah Putih di kancah Internasional.

Prestasi

Rani Mulyasari menunjukkan kualitasnya sebagai salah satu anggota timnas futsal wanita Indonesia dengan segudeng prestasi yang berhasil diraihnya. Terbaru, Atlet futsal wanita yang juga berprofesi sebagai pegawai Bank Indonesia itu berhasil menjuarai kompetisi Woman Pro Futsal League pada tahun 2018.

Tak hanya bersama klub, Rani Mulyasari juga berhasil mengantongi beberapa penghargaan individu. Dirinya sering dinobatkan sebagai pemegang gelar Top Score di banyak kompetisi yang dilakoninya.

Beberapa penghargaan top score didapatkannya dalam komperisi bergengsi seperti Women Pro Futsal League. Bahkan Rani Mulyasari pun sempat dipilih menjadi pemain futsal wanita terbaik pada ajang kejurnas Menpora di tahun 2010.

Pada tahun 2020 lalu, akibat pandemi Covid-19, seluruh kompetisi futsal pun dibatalkan dan dialihkan di tahun 2021. Rani Mulyasari bersama timnas futsal wanita Indoensia pun telah mempersiapkan diri untuk menghadapi beberapa kompetisi futsal di tahun ini.

Artikel ini dirangkum dari beberapa web berikut: Indosport | Bolalob | satuina | dan lain-lain (website berita futsal terupdate )