Perkembangan dan Perawatan Ibu Hamil 12 Minggu

Selama masa kehamilan, setiap minggu akan menjadi masa yang ditunggu-tunggu. Setiap minggu ada banyak perubahan yang terjadi banyak ibu dan janin didalam kandungan. hingga akhirnya masuk ke minggu 36 dan siapa untuk menanti kelahiran sang buah hati. Kehamilan 12 minggu, berarti anda sudah memasuki akhir trimester pertama. Rasa mual muntah sudah  mulai berkurang. Lalu seperti apa perkembangan dan perawatan ibu hamil 12 minggu yang benar? Mari kita bahas dibawah ini.

Perkembangan Janin 12 Minggu

Di usia 12 minggu, sudah ada perubahan yang terjadi pada janin. bentuknya sudah mirip dengan janin kecil yang belum sempurna.  apa saja perkembangan yang terjadi.

Kuku yang mulai terbentuk

Ukuran janin sudah sebesar buah rambutan. Memiliki berat sekitar 18 gram dan panjangnya 5 cm. plasenta semakin berkembangan dengan baik. yang berfungsi untuk menyalurkan nutrisi dari ibu ke janin. otak janin juga akan berkembang terus menerus. pita suara, kuku, jari tangan kaki dan usus mulai terbentuk dengan baik.

Sistem Pencernaan Mulai Bekerja

Walaupun ukurannya masih kecil, namun sistem pencernaan bayi mulai bekerja dengan baik. otot-ototnya akan bekerja untuk melatih gerakan mendorong makanan dan kontraksi melalui saluran pencernaan. Sumsum tulang janin juga mulai bekerja membuat darah putih, yang akan membantu bayi melawan infeksi saat lahir. Kelenjar pituitari yang terdapat di dasar otak, juga mulai memproduksi hormon untuk perkembangan janin. Bahkan ginjal mulai bekerja dengan menyerap nutrisi dan mengeluarkan kotoran yang berbentuk urine.

Detak Jantung Bayi Mulai Terasa

Di usia kehamilan 12 minggu, moms sudah bisa merasakan dan mendengar detak jantung bayi. Namun  hanya bisa dirasakan melalui usg saja. belum bisa dirasakan gerakannya. Kecepatan detak jantung bayi usia 12 minggu sekitar  140-170 detak per menitnya. Saat melakukan pemeriksaan usg, moms akan mendengar suara jantung yang berdetak kencang.

Perubahan Tubuh Ibu Hamil 12 Minggu

Selain tahu perkembangan janin 12 minggu, moms juga harus tahu perubahan tubuh ibu hamil 12 minggu. Dibandingkan dengan minggu-minggu sebelumnya, perubahan tubuh moms semakin terlihat drastis. Antara lain:

Payudara  Semakin Membesar

 Di usia 12 minggu, payudara moms akan semakin membesar. Karena payudara bersiap untuk memproduksi ASI. Bahkan pada beberapa wanita, payudara akan terasa nyeri dan sakit. Biasanya akan terjadi perubahan pada payudara, setelah dua minggu pembuahan. Namun sayangnya banyak wanita yang tidak menyadarinya. Karena nyeri karena tanda hamil dan menstruasi hampir sama.

Berat Badan Ibu Bertambah

Selama masa kehamilan,berat badan moms akan bertambah terus menerus. sebenarnya kenaikan berat badan tidak sebanyak yang moms pikirkan. Tergantung juga dengan pola makan yang moms lakukan. Di usia kehamilan 12 minggu, biasanya ibu hamil mengalami kenaikan sekitar 10-12,5 kg. untuk ibu hamil yang memiliki risiko obesitas, sebaiknya mengontrol asupan harian. Sehingga tidak terjadi diabetes selama kehamilan atau komplikasi lainnya. seperti tekanan darah tinggi atau preeklampsia

Pregnancy Glow

Memasuki trimester kedua, moms akan terlihat lebih percaya diri. Karena rasa mual, muntah dan lemes sudah mulai hilang sedikit demi sedikit. Nafsu makan moms juga mulai kembali lagi. moms akan merasa lebih cantik dari sebelumnya. Kulit terlihat bersih, halus dan bercahaya. Serta rambut yang tampak berkilau. Hal ini dikenal dengan istilah pregnancy glow. Perubahan ini terjadi karena aktivitas hormon dan aliran dara yang semakin meningkat. Namun ada beberapa ibu hamil, yang wajahnya menjadi kusam dan berjerawat.

Tips Perawatan Hamil 12 Minggu

Setelah tahu perubahan yang terjadi pada moms dan janin. moms juga harus tahu perawatan kehamilan usia 12 minggu yang benar. Sehingga janin dalam kandungan bisa tumbuh dengan baik. dan ibu juga tetap terjaga kesehatannya. Berikut ini beberapa tips perawatan hamil 12 minggu yang bisa moms lakukan.

Makan Makanan Nutrisi Seimbang

Ibu hamil harus makan nutrisi yang seimbang, bukan porsi ganda. Banyak orang yang mengatakan ibu hamil harus makan banyak, karena memenuhi kebutuhan dua orang. padahal hal itu tidak benar. Namun moms harus makan makanan nutrisi seimbang. Sehingga nutrisi bayi dan ibu tetap terjaga dengan baik. misalnya makan makanan yang sehat dan bergizi. Banyak konsumsi air putih, supaya air ketuban tetap bagus. Moms harus mengontrol berat badan janin. supaya bisa melahirkan dengan normal dan selamat.

Cukupi Kebutuhan Asam Folat

Jangan pernah lupa untuk mencukupi kebutuhan asam folat selama masa kehamilan. Asam folat berfungsi untuk perkembangan otak janin. sehingga otak berkembang dengan maksimal. Dosis asam folat harus sesuai dengan kebutuhan. Moms bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan moms. Asam folat juga bisa didapatkan dari buah dan sayuran. Seperti alpukat dan kacang-kacangan.

Penuhi Kebutuhan Kalsium dan Zat Besi

Selain asam folat, moms juga harus memenuhi kebutuhan kalsium dan zat besi. Kedua nutrisi ini sangat penting untuk kesehatan moms dan tumbuh kembang janin. ibu hamil yang kekurangan zat besi, bisa menyebabkan anemia. Ini bisa berisiko mengalami pendarahan selama kehamilan dan waktu melahirkan. Sedangkan kekurangan kalsium bisa membuat perkembangan tulang, rambut dan gigi janin tidak maksimal. Moms juga bisa mengalami osteoporosis di kemudian hari. punggung moms cepat pegal dan gigi mudah sakit. Oleh karena itu moms harus memenuhi kebutuhan kalsium dan zat besi.

Konsumsi Vitamin B1

Konsumsi vitamin B1, sering dilupakan oleh ibu hamil. Padahal vitamin B1 wajib untuk  dikonsumsi. Vitamin ini berfungsi untuk perkembangan otot, otak, jantung dan sistem saraf si kecil.anda bisa memilih suplemen kehamilan yang mengandung vitamin B1.

Olahraga Ringan Secara Rutin

Walaupun moms sedang hamil, moms harus tetap olahraga ringan secara rutin. Tidak perlu rebahan terus menerus. moms bisa melakukan olahraga semampunya. Misalnya jalan kaki di pagi hari, yoga kehamilan, senam kehamilan dan lainnya. ini akan membantu mempermudah waktu melahirkan. Jangan lupa untuk belajar pernapasan juga.

Konsumsi Air Putih dan Hindari Teh Kopi

Ibu hamil harus perbanyak konsumsi air putih. Karena menghindari dehidrasi dan membantu air ketuban tetap terjaga dengan baik. namun ibu hamil harus menghindari konsumsi teh dan kopi. Teh dan kopi mengandung zat yang bisa menghambat penyerapan zat besi. Sehingga moms bisa menjadi anemia atau kekurangan zat besi.

Moms juga harus mengurangi konsumsi makanan yang tinggi garam.  Kandungan garam berlebih didalam tubuh. bisa membuat tubuh moms menjadi bengkak. Terutama dibagian kaki. Ini akan membuat moms kurang nyaman dalam bergerak. Supaya janin berkembang dengan baik dan moms hamil 12 minggu tetap sehat, harus menjaga asupan gizinya dengan baik. istirahat yang cukup dan konsumsi vitamin secara rutin. Untuk mencari informasi tentang kehamilan lainnya, bisa mengunjungi link ini. Moms bisa belajar banyak tentang kehamilan dan perawatan bayi baru lahir.

Deskripsi: hamil 12 minggu sudah mulai ada perubahan pada ibu dan janin. selain itu ibu harus merawat diri dengan baik