Pentingnya Melakukan Pembukuan Keuangan Melalui BukuWarung

Dalam akuntansi tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah Pembukuan. Menurut Undang-Undang No. 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan sebagaimana telah beberapa kali diubah dengan Undang-Undang No. 28 Tahun 2007 Pasal 1 ayat 29, pembukuan adalah suatu proses pencatatan yang dilakukan secara teratur untuk mengumpulkan data dan informasi keuangan yang meliputi harta, kewajiban, modal, penghasilan dan biaya, serta jumlah perolehan dan penyerahan barang atau jasa, yang ditutup dengan menyusun laporan keuangan berupa neraca, dan laporan laba  rugi untuk periode tahun pajak tersebut.

Melakukan pembukuan keuangan sangatlah penting. Tidak hanya untuk perusahaan besar, pada sektor UMKM melakukan pembukaan juga sangat diperlukan, dapatkan Aplikasi Pembukuan secara gratis. Berikut manfaat pembukuan keuangan, antara lain:

Catat Pengeluaran
Ketika pertama kali membuka usaha, maka buatlah buku khusus untuk mencatat semua pengeluaran bisnis. Catatlah semua bentuk pengeluaran dan belanja dengan sedetail mungkin. Mulai dari operasional, bahan baku, hingga gaji karyawan bisa dicatat secara berkelanjutan dan jelas.

Mencatat Semua Pemasukan
Ketika urusan pencatatan pengeluaran sudah beres, maka dapat dilanjutkan dengan mencatat semua bentuk pemasukan yang ada, seperti membuat buku kas pemasukan. Sehingga, buku pemasukan ini dapat digunakan untuk mencatat semua bentuk transaksi yang memiliki kaitan dengan pemasukan perusahaan tersebut. Untuk contoh pemasukan seperti jumlah penjualan produk atau barang yang telah terjual per hari atau piutang apa saja yang sudah dibayarkan. Lalu, akan mempermudah dalam membuat pembukuaan keuangan yang baik dan tertata.

Membuat Buku Kas Utama
Langkah selanjutnya untuk membuat pembukuan keuangan yang baik adalah dengan membuat buku kas utama. Tujuan dari buku ini adalah untuk menggabungkan segala bentuk pemasukan dan pengeluaran. Sehingga, pebisnis dapat mengetahui dengan jelas seberapa besar keuntungan dan kerugian yang diperoleh bisnis tersebut dalam beberapa periode.

Menyediakan Buku Stok Barang
Buku stok barang juga dibutuhkan dalam membuat pembukuan keuangan. Sebab, transaksi tidak hanya seputar uang, melainkan berupa juga barang yang masih tersedia atau tidak. Dengan adanya buku stok barang, akan memudahkan dalam pengawasan serta memonitor persediaan barang yang ada pada bisnis atau usaha.

Membuat Buku Inventaris Barang
Catatlah semua barang perusahaan yang diurus dan sudah dibeli. Karena ini juga sangat penting dalam pembukuan keuangan. Inventaris barang ini akan memudahkan pebisnis dalam menjaga aset perusahaan agar tetap awet dan di bawah kendali.

Menyiapkan Buku Laba Rugi
Hal ini tak boleh terlupakan dalam pembukuan keuangan. Karena, buku ini akan digunakan untuk mencatat berapa pendapatan serta beban perusahaan dalam beberapa periode tertentu. Dengan cara ini, pebisnis akan lebih mudah mengetahui apakah perusahaan sedang dalam kondisi yang mempunyai profit yang tinggi atau justru merugi.

Membuat Laporan Perubahan Ekuitas
Ekuitas merupakan modal atau kekayaan entitas yang meliputi perusahaan, UKM, atau yang lainnya. Ekuitas didapatkan dari selisih antara jumlah aktiva atau aset yang telah dikurangi dengan kewajiban atau pasiva.

Membuat Neraca Keuangan
Neraca keuangan adalah bagian paling terpenting dalam pembukuan keuangan. Pebisnis akan lebih mudah mengetahui kondisi keuangan perusahaan pada periode tertentu. Selain itu, neraca berguna untuk mengetahui seberapa besar nilai perusahaan setelah melaksanakan ragam kegiatan yang berkaitan dengan keuangan.

Dari berbagai mancam manfaat diatas, anda bisa melakukan hanya dengan satu aplikasi. Salah satunya melakukan catatan pengeluaran di BukuWarung. Anda bisa melihat seberapa besar hasil pemasukan dari penjual yang telah dikeluarkan untuk modal, bahkan hingga stock barang di aplikasi BukuWarung dapat mencatatnya. Kamu tidak perlu khawatir, aplikasi BukuWarung tidak hanya untuk bertransaksi agen pulsa atau token pulsa, segala jenis bisnis bisa di buatkan catatat laporannya oleh BukuWarung.