Mengenal Mesin Binding Buku Dan Jenisnya!

 

Mesin binding buku merupakan salah satu mesin yang digunakan untuk keperluan percetakan. Mesin ini umumnya sangat praktis karena membantu untuk kegiatan percetakan lebih mudah lagi. Jadi sebagai cara tepat membuat kumpulan dokumen ataupun kertas lebih mudah disimpan dan juga rapi karena dengan mesin ini kumpulan kertas bisa menyatu.

Mesin binding  dikenal juga dengan mesin jilid lem panas. Mesin ini sangat fungsional untuk menyatukan lembaran kertas atau dokumen dalam jumlah banyak sehingga pekerjaan para pegawai jadi lebih terbantu.

Fungsi Mesin Binding Buku

Perlu diketahui bahwa mesin binding buku ini punya kemampuan sekelas standar penerbit. Sangat baik untuk proses penjilidan buku mulai dari skripsi, majalah, katalog, sampai dokumen yang memiliki halaman cukup tebal. Cara kerjanya tentu saja menyatukan lembaran-lembaran dokumen menggunakan lem panas.

Lem panas ini akan diaplikasikan pada media dokumen dan direkatkan. Adapun lem yang digunakan yaitu lem khusus yang punya daya rekat tinggi sehingga hasil jilidan tidak mudah lepas dan lebih awet. Mesin binding ini sangat menambah efisiensi para tenaga kerja untuk proses dinding. Untuk kekuatannya yaitu mampu merekatkan hingga 300 lembar kertas dalam waktu yang cukup singkat. Tidak hanya mampu untuk merekatkan jenis kertas HVS saja, tapi juga kertas yang lebih tebal seperti art paper.

Jenis Mesin Binding Buku

Ada beberapa jenis mesin jilid lem panas atau binding buku yang banyak dijual di pasaran. Biar tidak penasaran, berikut beberapa jenis mesinnya yang perlu Anda ketahui.

1. Mesin Glue Binding Telson 60A

Mesin ini punya keunggulan ya itu sudah dilengkapi dengan panel touchscreen. Panel dengan kemampuan layar sentuh ini Jadi lebih memudahkan dalam mengoperasikan mesin. Lalu mesin glue binding ini punya fitur lem punggung double cover dengan lem samping. Kedua fitur tersebut memiliki fungsi agar bisa merekatkan sampul buku lebih optimal dan tahan lama, serta covernya tidak akan mudah lepas.

Ada pula tambahan berupa fitur auto dan manual operating. Fitur-fitur ini membantu mengoperasikan mesin secara otomatis dan juga manual, bisa dipilih sesuai kebutuhan. Kemampuan mesin sendiri itu mampu menjahit 200 buku dengan ukuran kertas A3 dan ketebalan maksimal 5 cm serta panjang 42 cm. Untuk spesifikasi tersebut waktu yang dibutuhkan mesin penjilid and hanya 60 menit saja. Mesin ini cocok untuk industri percetakan kecil maupun besar.

2. Mesin Glue Binding Telson 320E

Mesin Glue Binding Telson 320E punya fungsi untuk melakukan jilid buku dengan daya produksi yang super besar. Spesifikasi mesin jilid lem panas, yaitu mampu menjilid buku dengan panjang 32 cm atau setara dengan ukuran A4. Untuk ketebalan maksimal buku yang bisa dijilid adalah 5 cm, sementara proses binding buku hingga 350 buku dalam 1 jam.

Fitur unggulan pada mesin  binding buku bergaransi ini adalah fitur lem punggung dan lem samping. Sementara ada pula fitur dan buku yang berguna untuk mengatur dan menata jalannya buku yang akan dijilid sehingga proses bidding jadi lebih mudah. Mesin Glue Binding Telson 320E juga dilengkapi dengan pisau yang berfungsi sebagai pembuat lubang halus pada punggung buku agar lem bisa masuk. Pada pisau terdapat slot yang bisa diatur naik turun dan bisa diganti secara terpisah jika ada salah satu surat yang mengalami kerusakan.

3. Mesin Glue Binding Desktop Telson M40 ST

Pada mesin binding buku satu ini punya ukuran yang cukup ramping. Kemampuannya yaitu Punya lem biji hot melt untuk mengelem buku dengan tambahan pisau pencacah agar lem bisa merekat dengan baik pada buku yang akan dijilid. Kemudian ada pula tambahan fitur thermocontrol yang bisa mengontrol suhu panas pada lem dan memastikan panasnya tetap stabil. Ini menjaga kualitas lem tetap sama untuk setiap buku yang akan dijilid.

Kemampuan mesin ini untuk mengelem buku yaitu 200 jilid buku dalam 1 jam dengan minimal halaman buku 10 lembar dan maksimal 400 lembar. Untuk lebar kertas yang bisa dijilid maksimal 32 cm.

Itu tadi beberapa  mesin binding buku yang umumnya banyak dicari di pasaran. Anda bisa mendapatkan dengan mudah mesin-mesin tersebut jika membelinya pada Maxipro. Maxipro sendiri merupakan distributor mesin percetakan terlengkap dan terbaik yang punya showroom di Jakarta serta Surabaya. Bisa mendapatkan berbagai mesin percetakan dengan kualitas terbaik pada Maxipro.