Memaksimalkan Bisnis Secara Online di Masa Pandemi

Memaksimalkan Bisnis Secara Online di Masa Pandemi Tahukah Anda jika saat ini eranya serba online? Ya benar dari sosial, memenuhi kebutuhan, bisnis dan lain sebagainya bisa dilakukan melalui media online. Dengan internet orang bisa mencari dan mendapatkan apa yang dibutuhkan dari ujung kepala sampai ujung kaki bisa dicari melalui internet. Jika orang lain bisa memanfaatkan internet untuk bisnis online maka Anda pastinya juga bisa memanfaatkan internet ini untuk memaksimalkan bisnis Anda. Terlebih di masa pandemi saat ini yang mengharuskan semua dilakukan secara terbatas. Maka dengan adanya internet semua transaksi bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Bisnis secara online banyak yang menganggap bahwa akan bisa mendapatkan keuntungan yang besar sehingga bermunculan orang-orang banyak yang tertarik mengerjakannya. Namun demikian meskipun terlihat banyak kesempatan untung besar ternyata juga tak semua orang punya kisah yang sukses saat jualan online. Dan juga mungkin Anda menemui orang yang memulai berjualan online tutup atau berhenti di tengah jalan. Dengan adanya sebagian orang yang belum berhasil sukses bisnis online secara tidak langsung membuat Anda juga berfikir-fikir untuk terjun di bisnis online ini.

Karena memulai bisnis online ini tidak semudah membalikkan telapak tangan pastinya akan ada tantangan dan persaingan juga mengingat besarnya pengguna internet saat ini. Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana memaksimalkan bisnis online di masa pandemi saat ini?. Nah pada artikel kali ini saya akan membagikan tips untuk bisa memaksimalkan bisnis secara online saat pandemi sebagai berikut:

1. Kenali nilai unik produk Jika ingin menjual suatu produk tentunya harus mengetahui terlebih dahulu kelebihan kekurangan dan spesifikasi lain dari produk yang Anda jual. Untuk itu mengenali keunikan dan kelebihan dari produk pesaing yang sejenis adalah penting. Mengingat saat ini sebuah produk kebanyakan sudah tersedia di internet bisa jadi produk yang Anda jual juga sejenis dengan produk orang lain. Nah disinilah pentingnya melihat keunikan produk yang Anda tawarkan sehingga konsumen memilih produk atau jasa yang Anda tawarkan. Untuk bisa menilai produk cobalah Anda memposisikan layaknya sebagai calon konsumen, apa yang Anda butuhkan saat ini apakah kualitas produk atau sebagai calon konsumen akan melihat layanan yang diberikan. Selain itu Anda sebagai penjual perlu mengetahui trend terbaru saat ini sehingga apa yang dijual memang benar-benar dibutuhkan oleh konsumen.

2. Tentukan Harga Terbaik Harga menjadi salah satu penentu kesuksesan sebuah bisnis. Namun menentukan harga memang tidak begitu mudah karena jika harga terlalu mahal bisa jadi akan sulit laku, namun jika harga terlalu murah maka konsumen pun menilai produk murahan. Oleh sebab itu menentukan harga memang tidak mudah jika tidak mengenali produk yang dijual. Berbeda lagi dengan jasa Anda bisa menentukan harga yang tinggi tergantu skill, pengalaman, dan kualitas jasa yang Anda berikan. Nah untuk produk sendiri ada baiknya untuk menentukan harga dengan melihat produk sejenis dari kompetitor terlebih dahulu.

3. Ciptakan website toko online DI awal pembahasan tadi kita sudah menyinggung tentang internet. Dalam dunia internet website adalah salah satu media yang paling baik untuk memaksimalkan bisnis. Mengingat pengguna internet yang besar dan juga ada jutaan orang melakukan pencarian pada mesin pencari seperti Google, Bing dan lain-lain setiap harinya. Jenis-jenis website sendiri ada berbagai macam dari website perusahaan, toko online. blog, forum, berita, dan lain sebagainya. Dari semua jenis website Anda pun bisa memaksimalkan bisnis dengan membuat website sesuai kebutuhan Anda. Misalnya Anda ingin menjual produk maka website toko online adalah yang paling tepat, dengan memiliki website toko online Anda bisa mengupload produk Anda sehingga mudah untuk ditemukan orang dalam pencarian Google. Memang untuk bisa go online membuat website di awal agak rumit namun untuk jangka panjangnya akan memberikan keuntungan yang lebih maksimal untuk bisnis Anda. Website juga sangat strategis untuk membangun brand Anda. Bagaimana apakah Anda tertarik dan yakin untuk membuat website toko online sendiri? Mari selangkah lebih dekat lagi untuk memiliki website toko online Adan sendiri dan simak kelanjutan pembahasan ini.

4. Membeli Domain Jika Anda sudah yakin untuk memulai membuat website toko online yang perlu diperhatikan pertama kali yaitu menentukan layanan web hosting terbaik yang ingin Anda gunakan. Nh untuk membuat website sendiri dibutuhkan domain dan hosting. Domain adalah alamat website Anda dengan ekstensi seperti .COM, .ID, .NET, .ORG dan lain sebagainya. Dengan domain orang dapat mengakses website Anda di browser mereka. Untuk memiliki domain murah silahkan kunjungi website IDwebhost.com.

5. Membeli Hosting Selanjutnya adalah hosting yaitu sebagai tempat menyimpan berbagai file dan data dari website yang Anda miliki. Saat ini ada banyak paket hosting yang bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan Anda. Jika produk yang Anda jual banyak maka ada baiknya membeli paket hosting yang memiliki kapasitas penyimpanan yang besar, namun jika produk yang yang Ada jual tidak banyak maka kapasitas yang secukupnya adalah pilihan yang tepat. Kemudian untuk membuat website toko online saat ini sudah sangat mudah tinggal klik dan instal. Untuk langkah sederhananya sebagai berikut:

● Beli paket hosting jika bisa yang sudah termasuk gratis domain biar tidak repot lagi.

● Jika sudah silahkan masuk cPanel dan instal WordPress

● Pilih platform CMS toko online sesuai keinginan Anda seperti WooCommerce, Shopify, PrestaShop dan lain sebagainya

● Silahkan lakukan konfigurasi,pengaturan dan inputkan produk pada website Anda Sebenarnya untuk membuat website toko online itu mudah jika dilihat dari poin-poin di atas. Namun jika Anda masih awam dan merasa kesulitan ada baiknya untuk konsultasi terlebih dahulu untuk menggunakan jasa pembuatan website dari IDwebhost.

6. Berjualan Melalui Marketplace Selain Anda memiliki website salah satu strategi bisnis online yang terbaik adalah menggunakan platform marketplace seperti tokopedia, shopee, blibli, lazada dan lain sebagainya. Anda bisa mengkolaborasikan website Anda dengan marketplace agar penjualan semakin meningkat. Kita ketahui pengguna marketplace yang besar pastinya juga persaingan yang juga ketat maka dengan Anda memiliki website tadi bisa mengcover penjualan di marketplace Anda nantinya.

7. Promosi Promosi Promosi Dengan promosi memnugkinkan konsumen akan lebih tertarik dengan produk yang Anda tawarkan. Promosi sendiri bisa dilakukan dengan memberikan harga yang menarik atau dengan memberikan diskon atau bonus tertentu setiap pembelian produk yang Anda miliki. Tentunya untuk melakukan promosi harus mempertimbangakan berbagai aspek terutama untung ruginya.

8. Manfaatkan media sosial Meskipun Anda sudah memiliki website dan menggunakan marketplace jangan sampai melupakan media sosial. Ya benar mengingat pengguna aktif media sosial yang besar adalah tempat yang paling baik untuk mengenalkan dan mempromosikan produk atau jasa Anda. Dari sosial media lah yang nantinya akan menjadi jembatan penghubung website dan marketplace Anda. Meskipun saat pandemi seperti ini jika kita pintar-pintar memanfaatkan internet bisnis pun akan terus berjalan dengan baik. Saat ini telah banyak platform yang bisa digunakan dengan mudah untuk menunjang bisnis Anda dari website, marketplace, media sosial dan lain-lain. Dengan menggunakan berbagai platform pendukung tersebut meski semua dikerjakan terbatas jika dilakukan dengan sebaik mungkin pasti akan profit juga kedepannya.