Manfaat dan Harga Vaksin IPV yang Perlu Diketahui

 

Apakah Anda pernah mendengar tentang vaksin IPV sebelumnya? Nah, vaksin IPV adalah salah satu vaksinasi yang diwajibkan oleh pemerintah Indonesia terutama untuk bayi yang baru lahir, Vaksinasi ini merupakan usaha yang dilakukan untuk mencegah polio. Seiring pentingnya vaksin ini, Anda sebaiknya mengetahui manfaat serta harga vaksin IPV tersebut,

Ya, pengetahuan tentang vaksin IPV menjadi hal yang penting agar nantinya Anda mendapatkan gambaran kenapa vaksin ini perlu diberikan pada anak Anda. Selain itu, terkait biaya, nantinya Anda juga bisa mempersiapkan biaya vaksinasi sejak awal.

Ragam Manfaat Vaksin IPV

Sebagaimana disinggung di awal, vaksin IPV adalah salah satu jenis vaksinasi yang sangat penting terutama untuk bayi yang baru lahir. Tujuan dari vaksinasi ini adalah untuk melakukan pencegahan pada penyakit polio yang sangat rentan menyerang bayi yang baru lahir.

Perlu diketahui bahwa polio adalah penyakit serius yang bisa menyerang bayi dan menyebabkan kelumpuhan. Pada kasus yang lebih parah, polio yang menyerang juga memiliki potensi kematian yang cukup tinggi.

Oleh karenanya, dengan pemberian vaksin IPV, diharapkan nantinya bayi akan bebas dari gangguan polio sejak awal kelahiran hingga pertumbuhannya. Selain itu, bayi pun bisa tumbuh dengan sehat dan memiliki kondisi otak serta tulang belakang yang sempurna.

Hal lain yang penting terkait vaksin IPV adalah jenis vaksin ini merupakan vaksin yang wajib diberikan sebelum bayi genap berusia 6 bulan. Nantinya, vaksin IPV akan diberikan bersamaan dengan vaksin DPT, HIB dan juga hepatitis B. Hanya saja, vaksin IPV merupakan jenis imunisasi yang harus diulang.

Efek Samping Vaksin IPV

Ada beberapa efek samping dari pemberian vaksin IPV pada bayi. Beberapa efek samping ini tentu perlu menjadi hal yang diketahui agar nantinya Anda sebagai orang tua tidak kaget dan bisa melakukan tindakan yang diperlukan.

Adapun efek samping dari pemberian vaksin IPV pada bayi diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Deman ringan yang akan muncul setelah proses imunisasi atau vaksin IPV
  • Nyeri yang muncul pada bekas suntikan vaksin IPV
  • Pengerasan kulit di area suntikan vaksin IPV

Beberapa efek samping di atas adalah hal yang wajar. Selain itu, efek samping vaksin IPV tersebut akan hilang sendiri setelah beberapa hari.

Harga Vaksin IPV

Lantas, berapa harga vaksin IPV yang perlu diberikan pada bayi tersebut?

Sebenarnya, pemerintah memberikan harga gratis untuk vaksin IPV. Hanya saja, harga gratis tersebut adalah untuk vaksin IPV yang dilakukan di puskesmas yang ditunjuk oleh pemerintah.

Jika Anda hendak melakukan vaksin IPV secara mandiri di tempat yang diinginkan, harga vaksin IPV cenderung cukup beragam. Rentang harga untuk vaksin IPV adalah sekitar Rp 450.000 hingga Rp 600.000. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa cek harga vaksin IPV di sini!

Deskripsi: harga vaksin IPV cenderung beragam sesuai tempat vaksinasi. Hanya saja, vaksin IPV penting diperlukan demi pencegahan pada polio.