Isi Kandungan Surat Ali Imran Ayat 134

Surat Ali Imran ayat 134 mengungkapkan empat karakter orang yang bertaqwa.Diantaranya, mereka adalah orang-orang yang percaya, sabar, beramal soleh dan menghormati kezaliman.

Surat Ali Imran ayat 134 menjelaskan tentang empat ciri orang beriman: cinta sedekah, pengendalian amarah, pemaaf, dan kebaikan. Ini adalah kelanjutan dari ayat 133 dan 135 dan dimulai dengan perintah untuk segera mengejar pengampunan Tuhan dan Surga, yang disiapkan untuk orang beriman.

Siapakah orang yang setia itu? Ayat-ayat dalam surah ini berbicara tentang empat kualitas. Ayat berikutnya menyebutkan yang kelima.

Ciri pertama orang yang berhati baik adalah suka bersedekah, dan dia melakukannya tidak peduli dia kaya atau miskin. Dia suka bersedekah apakah dia punya banyak uang atau sedang membutuhkan.

Sedekah adalah kunci pertolongan Allah. Sebagian orang merasa terbebani dengan bersedekah karena merasa hartanya berkurang. Namun, pada kenyataannya, sedekah tidak mengurangi kekayaan. Padahal, dengan bersedekah, kekayaan menjadi lebih besar dan lebih berkah.

Sifat kedua dari orang yang saleh adalah menahan amarah, mengelola emosi. Ibnu Katsir menjelaskan dalam tafsirnya bahwa ketika mereka mengalami emosi, mereka menahannya. Artinya, mereka tidak menekannya dan juga tidak membiarkannya keluar.

Sama seperti bagaimana seorang mukmin sabar, mereka juga memaafkan. Ini adalah sifat ketiga dari seorang mukmin. Sayyid Qutb menjelaskan bahwa langkah pertama dalam mengendalikan amarah adalah menahannya.

Anda bisa saja berhasil menjinakkan amarah Anda, tetapi Anda tidak bisa membiarkannya menjadi dendam. Ini adalah hasil terburuk yang mungkin terjadi. Karena itu, Anda harus mengambil langkah selanjutnya dan memaafkan.

Sifat keempat dari orang yang bertakwa adalah beramal shaleh. Salah satu caranya adalah membalas kejahatan dengan kebaikan. Syaikh Wahbah Az Zuhaili menjelaskan dalam Tafsir Al Munir bahwa ini adalah salah satu cara menjadi orang baik.

Baca juga: Tajwid Surat Al Maidah Ayat 48

Isi Kandungan Surat Ali Imran Ayat 134

Inilah isi surat Ali Imran ayat 134 yang kami kutip dari berbagai tafsir. Yakni, Tafsir Al Qur’anil Adhim karya Ibnu Katsir, Tafsir Al Munir karya Syaikh Wahbah Az Zuhaili, Tafsir Fi Zilalil Quran karya Sayyid Qutb, dan Tafsir Al Azhar karya Buya Hamka.

Salah satu kualitas terpenting dari orang yang saleh adalah dia suka melakukan pekerjaan amal, tidak peduli seberapa sibuk atau di tempat yang ramai. Dia mampu mengelola emosinya dan mengendalikan amarahnya. Dia pemaaf, dan dia suka melakukan perbuatan baik.

Islam mengajarkan umatnya untuk mencintai sedekah. Bersedekah tidak akan mengurangi kekayaan Anda, itu akan membawa Anda berkah.

Islam mengajarkan pengikutnya untuk mengendalikan emosi dan menahan amarah. Sifat karakter ini adalah salah satu kunci surga.

Islam mengajarkan umatnya untuk memaafkan dan tidak menyimpan dendam.

Nabi Muhammad pernah bersabda, “Bersikaplah murah hati kepada semua orang, dan cintailah saudaramu sebagaimana kamu mencintai dirimu sendiri.”

Demikianlah isi kandungan dari Surat Ali Imran. Semoga bermanfaat dalam memotivasi kita sebagai umat Islam untuk menunaikan tugas dan tanggung jawab kita terhadap Allah.