Ini Tips Membuat Cover Letter Yang Baik Dan Benar, Dijamin HDR Yakin Denganmu

Siap Grak! 10 Contoh Cover Letter Bahasa Inggris, Pasti Standout Di Mata  Hrd!

Saat hendak melamar pekerjaan ke sebuah perusahaan tentunya kamu akan diminta untuk memberikan berbagai dokumen seperti salah satunya cover letter. Cover letter itu apa? Apakah sama dengan CV biasa?

Cover letter adalah salah satu dokumen yang harus dilampirkan saat mengirimkan lamaran kerja. Cover letter adalah surat pengantar yang berisi perkenalan diri secara singkat tentang latar belakang serta alasan berminat pada posisi yang dilamar tersebut.

Cover letter berbeda dengan CV, jika CV bertujuan untuk menjelaskan riwayat pengalaman kerja kamu. Sementara tujuan cover letter adalah untuk memberikan gambaran singkat tentang kualifikasi dan alasan kamu melamar sebuah posisi tersebut.

Sebagaimana dilansir dari unggahan Instagram resmi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi disebutkan bahwa cover letter memiliki empat fungsi, yaitu :

  • Sarana untuk memperkenalkan diri
  • Sarana untuk menunjukkan minat pada perusahaan
  • Sarana untuk menarik perhatian resume milik kamu
  • Sarana untuk memotivasi pihak rekruter untuk memanggil wawancara kerja

Jadi, cover letter bisa dibilang sebagai sarana untuk mempromosikan diri sendiri kepada perusahaan yang membuka lowongan kerja. Dokumen penting ini akan dikirimkan bersama dengan surat lamaran kerja dan CV.

Sebagaimana dilansir dari Glints, cover letter menjadi dokumen pertama yang akan dilihat oleh rekruter saat menerima surat lamaran kerja. Oleh karena itu, para pelamar kerja harus menyusunnya secara baik dan benar agar berkualitas dan dapat menarik perhatian.

Lantas, apa saja yang perlu ditulis didalam cover letter? Sebagaimana dilansir dari laman Glints, terdapat 5 bagian dalam penulisan cover letter yaitu :

  • Buka email atau surat, kemudian perkenalan dirimu dan nyatakan minat pada lowongan kerja yang dibuka.
  • Jelaskan juga pengalaman kerja kamu yang berkaitan dengan lowongan kerja yang dibuka.
  • Jelaskan segala hal yang membuat kamu terlihat lebih unggul seperti menyertakan sertifikat penghargaan atau sertifikasi pelatihan.
  • Jangan lupa cantumkan semua dokumen yang diajukan pada pihak rekruter.
  • Terakhir, tutup email atau surat dengan kata – kata yang sopan.

Nah, agar tidak salah, kamu perlu pahami tips membuat cover letter yang baik dan benar berikut ini.

  1. Riset

Kamu perlu mengenal terlebih dahulu perusahaan yang akan dilamar. Selain itu, ketahui juga tentang tanggung jawab pekerjaan dan persyaratannya. Jangan lupa cantumkan subjek yang dituju di perusahaan dengan jelas dan benar.

  1. Tata Bahasa

Perhatikan pula tata bahasa dalam penulisan cover letter. Pastikan menggunakan bahasa formal seseuai PUEBI yang singkat, mudah dipahami, jelas, dan menarik untuk disimak.

  1. Tulisan Mudah Dibaca

Jika membuat cover letter dengan tangan, pastikan menulisnya dengan rapi dan bisa dibaca. Namun, jika menggunakan email pastikan membuatnya dengan menggunakan font yang mudah dibaca seperti Arial, Calibr, Garamond, Helvetica, dan Georgia.

  1. Susun Dengan Tepat

Terakhir, pastikan susunan cover letter dibuat dengan tepat pada tiga bagian penting. Ketiga bagian penting dalam cover letter yaitu pembukaan yang berisi tujuan dan tanggal pembuatan cover letter. Lalu bagian yang dimulai dengan salam pembuka hingga profil singkat. Dan bagian terakhir adalah penutup surat dengan menuliskan salam dan tanda tangan.

 

Itulah tips membuat cover letter yang baik dan benar. Sangat penting bagimu untuk memberikan cover letter yang baik dan benar kepada HRD agar mereka yakin bahwa kamulah orang yang paling tepat untuk mengisi lowongan pekerjaan tersebut.