Ingin Tahu Cara Menghitung Weton Jodoh? Yuk, Kita Kepoin

 

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa cara menghitung weton jodoh merupakan ritual tradisional Jawa yang masih tetap eksis hingga sekarang. Terlebih untuk di daerah-daerah pedesaan, yang mana sebagian besar masyarakatnya masih memegang teguh ritual tersebut.

Tak hanya dijadikan sebagai perhitungan jodoh, weton juga kerap digunakan untuk menimbang masalah seputar rezeki, karier, dan karakter seseorang lho. Menurut kabar yang beredar, perhitungan weton itu sendiri merupakan adaptasi dari kalender Jawa yang menggunakan dua system penanggalan.

Pada system yang pertama, maka perhitungannya melalui kalender Islam yang terdiri dari tujuh hari mulai dari hari Minggu sampai Sabtu. Nantinya akan ditambah dengan lima hari penanggalan pasaran Jawa, yakni pahing, pon, wage, kliwon, dan legi. Lantas, bagaimana cara menghitungnya?

Nah, biar kalian gak penasaran dengan cara perhitungannya, mari kita simak saja langsung ulasan di bawah ini.

Perhitungan Weton Jodoh Berdasarkan Neptu Hari dan Pasaran Jawa

Penanggalan Islam Neptu Penanggalan Jawa Neptu
Minggu 5 Pahing 9
Senin 4 Pon 7
Selasa 3 Wage 4
Rabu 7 Kliwon 8
Kamis 8 Legi 5
Jumat 9
Sabtu 9

Cara perhitungan weton jodoh melalui metode yang satu ini tergolong cukup mudah untuk dilakukan lho. Bagaimana tidak? sebab kamu hanya tinggal mencocokkan hari lahirmu dengan pasanganmu yang sesuai penanggalannya seperti tabel diatas.

Mengenai perhitungannya, kamu harus menjumlahkan neptu dari penanggalan Islam dengan neptu dari penanggalan Jawa. Ya, neptu akan dihitung dengan cara menjumlahkan neptu hari lahir dan pasaran milikmu dan pasangan.

Jika sudah demikian, maka jumlahkan kembali neptu kamu dengan pasanganmu untuk mengetahui hasilnya. Sebagai contohnya, kamu lahir pada hari Minggu wage, maka perhitungan neptunya adalah 5 + 4 = 9. Sedangkan pasanganmu lahir pada hari Senin pon, sehingga perhitungan neputnya adalah 9 + 11 = 20.

Arti Dari Hasil Perhitungan Weton

1. Pegat (1, 9, 10, 18, 19, 27, 28, 36)

Apabila hasil perhitungan neptunya seperti angka diatas, berarti hubungan kamu dengan pasanganmu itu termasuk kedalam kategori pegat. Lalu, apa yang dimaksud dengan pegat?

Dalam primbon Jawa, istilah pegat merupakan sebuah indikasi bahwa hubungan kamu dengan pasanganmu itu sering mengalami masalah atau pertikaian dalam kehidupan.

2. Ratu (2, 11, 20, 29)

Untuk perhitungan dengan hasil 2, 11, 20, 29, maka hubungan kamu dengan si dia termasuk kedalam kategori ratu alias beruntung. Ya, kategori ratu mengartikan jika kamu dan pasanganmu adalah jodoh sejati.

Pasalnya, kamu dengan si dia akan memiliki hubungan yang senantiasa harmonis dan bahagia sehingga sering membuat orang-orang di sekitar menjadi iri lho!

3. Jodoh (3, 12, 21, 30)

Beruntunglah bagi kamu yang hasil perhitungannya berupa angka 3, 12, 21, 30. Sebab hubungan kamu dengannya termasuk kedalam kategori jodoh. Bukan hanya sekedar jodoh, bahkan kehidupanmu dengan si dia kelak nanti akan selalu bahagia dan rukun setiap saat.

4. Topo (4, 13, 22, 31)

Jika hasil perhitungannya adalah 4, 13, 22, 31, sebaiknya kamu harus lebih waspada lagi. Mengapa demikian? Menurut pimbon Jawa, kategori topo ini menandakan bahwa kamu dan pasanganmu akan mengalami kesulitan di awal kehidupan berumah tangga.

5. Tinari (5, 14, 23, 32)

Kebalikan dari kategori topo, yang mana kategori tinari ini merupakan sebuah kebahagiaan berupa kecukupan materi dalam berumah tangga.