Hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Menjalani Operasi Jantung

Operasi Jantung adalah cara penanganan untuk pasien pengidap penyakit jantung. Penyakit jantung sendiri terdapat bermacam macam jenisnya, sehingga proses penanganannya juga akan berbeda. Sebelum menjalani proses operasi, sebelumnya anda harus mengetahui beberapa hal penting berikut ini.

Persiapan Sebelum Menjalani Operasi Bedah Jantung

  1. Mengikuti Saran Dokter

Walaupun terlihat sepele namun hal ini penting untuk dilakukan dan ditaati. Saat akan melakukan proses pembedahan jantung, team medis dan dokter akan memberikan beberapa petunjuk penting. Hal tersebut harus dijalankan agar proses operasi bedah jantung selanjutnya bisa berjalan lancar dan tidak ada efek samping.

Tak perlu takut untuk mengajukan pertanyaan tentang hal hal yang tidak dimengerti kepada doker dan team media lainnya. Anda bisa mengajak keluarga untuk mengikuti arahan dari dokter ini. Agar pihak keluarga bisa ikut membantu dalam menjalankan tata cara persiapan sebelum operasi.

  1. Mengetahui Proses Operasi

Pasien penyakit jantung yang akan menjalani operasi memang disarankan untuk mengetahui beberapa prosedur yang akan dilakukan selama operasi. Beberapa diantaranya adalah seperti aturan tentang minum obat sebelum dan setelah operasi, waktu yang tepat untuk datang ke rumah sakit hingga resiko pasca operasi jantung.

Hal penting lainnya adalah, pasien harus terbuka dan jujur tentang riwayat penyakit yang pernah dideritanya dan juga alregi pada makanan atau obat obatan. Sehingga dokter dan team media lainnya bisa mengetahui apa saja persiapan khusus yang harus anda jalani dan jangan sampai ada hal yang terlewatkan.

  1. Tidak Ada Masalah kesehatan Lainnya

Bila pasein akan melakukan prosedur operasi jantung, maka harus dipastikan terlebih dahulu pasien tidak sedang mempunyai masalah kesehatan lainnya. Masalah kesehatan seperti sakit gigi misalnya. Walaupun sepele namun hal ini harus mendapat penanganan terlebih dahulu sebelum bedah jantung dilakukan.

Bila pasien juga mempunyai penyakit lainnya seperti diabetes atau bahkan masalah pada organ tertentu, maka team dokter jantung akan memastikan terlebih dahulu keadaan pasien. Pengecekkan kesehatan akan dilakukan agar pada saat operasi, penyakit bawaan yang sudah ada tersebut tidak memberikan efek setelah operasi.

  1. Tubuh Dalam Kondisi Prima

Sangat penting untuk menjaga kondisi tubuh untuk tetap prima. Anda bisa memulai pola hidup sehat untuk memperlancar proses operasi jantung. Beberapa diantaranya adalah dengan berhenti merokok, makan makanan sehat, berolahraga ringan dan mengelola stress dengan baik sebelum jalannya operasi.

Mencegah akan lebih baik daripada mengobati. Hal ini juga berlaku untuk penyakit jantung. Salah satu cara untuk mencegah penyakit jantung adalah dengan terus menerapkan pola hidup sehat. Selain itu rutin berolahraga juga disarankan untuk menjaga kesehatan jantung secara keseluruhan. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter jantung secara rutin.

Anda bisa datang ke Heartology sebagai salah satu klinik jantung yang menyediakan layanan operasi bypass jantung jakarta dengan tenaga medis berpengalaman dan fasilitas lengkap.