Dress Watch, Jam Tangan untuk Acara Formal

Sebagai fashion statement, jam tangan berperan penting dalam menunjukkan karakter pemakainya. Desain dial jam yang dipadukan dengan strap harus kompak agar serasi dengan nuansa busana yang dikenakan. Kombinasi serasi inilah yang ditawarkan oleh sebuah dress watch.

Dress watch adalah jam tangan yang dirancang khusus untuk dikenakan dengan busana jas, kemeja lengan panjang, atau pakaian formal lainnya. Tujuan utama pembuatan dress watch adalah untuk memenuhi kebutuhan acara formal yang menuntut penggunanya memiliki tampilan yang elegan dan menarik. Oleh karena itu, jam tangan jenis ini tidak cocok digunakan dengan pakaian santai seperti T-shirt dan jeans, atau untuk olahraga.

Ide dasar dari jam tangan adalah sederhana dan elegan. Dengan kata lain, dress watch harus memiliki desain yang minimalis agar tidak menonjol saat dikenakan dengan lengan panjang. Dengan demikian, jam tangan tidak memerlukan fungsi apa pun selain jam tangan itu sendiri. Namun terlepas dari tampilannya yang klasik, dress watch seringkali dianggap mewah, berkat komponen yang terbuat dari logam mulia.

Ciri Khas Dress Watch

1. Menggunakan Leather Strap

Jam tangan bergaya harus menunjukkan sisi elegan. Oleh karena itu, sangat cocok untuk sepasang jam tangan strap kulit. Meskipun tidak jarang jam tangan setelan bisnis dipasangkan dengan gelang logam atau stainless steel. Maksud penggunaan strap kulit adalah untuk lebih menyempurnakan karakter penampilan pemakainya secara keseluruhan, sehingga memberikan kesan elegan pada dress watch tersebut.

2. Ukuran Minimalis

Jam tangan jas yang dirancang untuk pakaian formal harus memiliki skala minimalis untuk menarik perhatian pada pakaiannya. Pada saat yang sama, jam pada gaun itu tidak boleh cocok dengan pakaian yang dikenakan. Ukuran jam tangan biasanya berkisar 34-40mm. Terlebih lagi, ada kekhawatiran bahwa jam tangan akan terlalu menarik perhatian dan justru kehilangan sisi elegannya.

3. Desain Ramping

Ukuran yang kecil pada dress watch berbanding lurus dengan desainnya yang ramping. Hal ini memungkinkannya untuk masuk dengan mudah ke dalam manset pakaian lengan panjang.

4. Terbuat dari Logam Mulia

Bahan yang digunakan pada dress watch biasanya adalah logam mulia atau logam platinum. Jam tangan ini dirancang untuk digunakan sebagai jam tangan mewah bergengsi untuk acara-acara resmi. Dengan menggunakan bahan ini, Anda dapat dengan mudah membedakan antara jam tangan resmi dan jam tangan murah, yang juga sering kali tidak memiliki fitur apa pun.

Dapatkan dress watch terbaik hanya di The Chronoluxe, marketplace terpercaya yang menyediakan berbagai jenis jam tangan yang dijamin keasliannya.