Daya Tarik dari Desa Wisata Gamplong

Banyaknya desa wisata yang bertebaran di Indonesia, menjadi perhatian Kemenparekraf. Untuk itu, desa-desa wisata yang ada di Indonesia terus dikelola dan dikembangkan dengan baik. Salah satu desa wisata menarik yang bisa kamu coba datangi adalah desa wisata Gamplong.

Kemeparekraf sedang menggalakkan program desa wisata di Indonesia yang ditingkatkan lagi. Sama halnya dengan desa wisata yang bernama Gamplong ini. Lokasi Gamplong berada di Yogyakarta, yang juga dikenal dengan nama wisata studio Gamplong.

Daya Tarik yang Dimiliki oleh Desa Wisata Gamplong

Desa wisata yang satu ini berada di Desa Sumberahayu dengan eksistensi yang terus mengalami peningkatan, bahkan pernah dijadikan tempat syuting untuk film Bumi Manusia. Banyak sekali daya tarik yang dimiliki oleh Gamplong, dalam hal pariwisatanya.

Berikut ini hal-hal menarik yang akan kamu temui di desa wisata yang berlokasi di Sleman Yogyakarta:

1. Mini Hollywood dari Studio Gamplong

Dikenal sebagai tempat syuting atau tempat pengambilan gambar beberapa film, Studio Gamplong menjadi tempat yang cukup dikenal oleh para wisatawan. Desa wisata ini memang telah disulap menjadi studio yang bertema alam.

Supaya kesan suasana pedesaannya terasa, seperti suasana di tahun 1600an. Kini, studio tersebut menjadi desa wisata yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Terdapat bangunan ikonik yang menggambarkan Keraton Mataram di zaman dahulu.

Ada juga kampung kecil ala masyarakat di zaman kerajaan Mataram, rumah Jawa yang kuno dengan anyaman bambu, kampung ala Belanda, hingga replika dari Kali atau Sungai Ciliwung.

2. Ada Museum Bumi Manusia

Tak hanya studio alam saja, tapi kamu juga bisa melihat museum Bumi Manusia di Gamplong. Museum ini adalah rumah dari Nyai Ontosoroh serta Annelies Mallema, yang terdapat di dalam buku atau novel dengan judul yang sama yaitu Bumi Manusia.

Museumnya resmi didirikan dan dibuka di tahun 2019 lalu, dan sering kali dipakai untuk perkumpulan para penyuka novel karya Pramudya Ananta Toer. Namun jumlah orang yang bisa masuk ke dalam museum ini terbatas, hanya 10 orang saja per 30 menit.

Tujuannya untuk menjaga keamanan dari bangunan museum tersebut, karena belum bisa menampung terlalu banyak orang di dalamnya.

3. Menjadi Pusat Kerajinan Bahan Tenun

Desa wisata yang bernama Gamplong ini juga dikenal sebagai pusat kerajinan tenunnya. Gamplong juga menjadi pusat dari tempat produksi tenun yang tidak menggunakan alat berupa mesin.

Semua hasil tenun di sana dihasilkan secara manual dengan tangan manusia. Industri tenun yang ada di Gamplong memang sudah ada sejak zaman dahulu sekitar tahun 1950an. Kalau kamu datang ke desa wisata ini, maka kamu bisa belajar tenun dengan penduduk setempat.

4. Sumber Airnya Melimpah

Berada di ketinggian dengan ukuran 90 m dari atas permukaan laut, desa ini memiliki sumber air yang sangat banyak dan melimpah. Curah hujan di sana memang tinggi, dan memiliki dampak yang cukup besar pada jumlah air yang ditampung di sana.

Posisi geografisnya pun didominasi oleh vulkanik yang berasal dari Gunung Merapi, dan fungsinya adalah untuk membawa air keluar dari dalam tanah. Itulah sebabnya desa wisata tersebut memiliki sumber air yang jumlahnya melimpah.

5. Wilayahnya Berdekatan dengan Tempat Wisata Lainnya

Lokasi dari desa wisata yang bernama Gamplong tersebut sangat strategis. Selain itu, kamu juga bisa berwisata ke tempat wisata menarik lainnya yang lokasinya tak jauh dari desa wisata.

Misalnya berwisata alam ke Polaman River Tubing yang hanya berjarak sekitar 3 Km saja dari Gamplong, dengan waktu perjalanan kurang lebih sekitar 1 jam saja.

Tempat wisata ini merupakan wahana relaksasi Tubing, dan kamu akan menyusuri sungai hingga air terjun lengkap dengan peralatan khusus seperti helm dan juga pelampung sebagai keamanan.

Selain itu, kamu bisa juga sekaligus berwisata ke Goa Payaman yang jaraknya jauh lebih dekat yaitu hanya 15 menit saja dari Gamplong. Konon katanya, goa ini pernah menjadi tempat persembunyian para tentara dari Kerajaan Majapahit ketika sedang berperang.

Banyak banget kan hal menarik dari desa wisata Gamplong ini. Kamu bisa menikmati keindahan alamnya di sana, mengunjungi sejumlah tempat wisata menariknya, berfoto dengan leluasa, atau berwisata ke objek wisata lainnya.