Cara Perawatan Luka yang Tepat Berdasarkan Jenisnya

 

Luka yang dialami bisa disebabkan oleh banyak hal sehingga juga perlu mendapatkan penanganan yang berbeda. Jenis luka yang paling umum adalah luka gores yang disebabkan karena tergores dengan suatu benda. Selain itu juga ada luka sayat yang bisa didapatkan ketika sedang memotong sayuran, buah, dan kegiatan lainnya. Luka lain yang bisa dialami juga luka bakar yang seperti namanya tentunya karena efek terkena api, zat kimia, dan juga lainnya yang menyebabkan sensasi terbakar pada kulit. Luka bakar ini mempunyai beberapa tingkatan yang dipunyai dan membutuhkan perawatan luka yang berbeda seperti berikut ini:

1. Luka bakar tingkat pertama

Tingkatan pertama ketika mengalami luka bakar adalah yang masih dalam ringan. Luka jenis ini mempunyai akibat yang masih bisa untuk dirawat sendiri karena hanya merusak sedikit jaringan kulit. Sehingga tampilan luka ini juga tidak parah dan hanya terjadi di bagian paling luar. Jenis luka bakar ini masuk ke dalam luka paling ringan yang mempunyai tanda seperti peradangan ringan, bengkak, rasa sakit, dan juga muncul kemerahan di kulit. Dibandingkan jenis luka bakar tingkatan lainnya, luka bakar ringan ini juga bisa sembuh sendiri dengan sendirinya dan gejalanya dapat hilang dalam waktu 1 hingga 2 minggu tergantung perawatan yang dilakukan.

Merawat luka yang dapat dilakukan untuk luka bakar tingkat pertama ini adalah:

  • Perawatan pertama adalah dengan merendam luka yang dialami menggunakan air dingin. Lakukan hal ini selama lima menitan atau lebih tergantung dari efek yang diberikan.
  • Selanjutnya bisa untuk mengonsumsi obat untuk menghilangkan rasa sakit seperti analgesik dan ibuprofen.
  • Luka bakar tingkatan pertama ini juga perlu untuk dioleskan dengan lidokain sehingga akan cepat kering dan mempunyai efek dapat membuat kulit merasa lebih tenang dan tidak nyeri.
  • Terakhir jangan luka gunakan salep antibiotik dan bungkus dengan kain kasa sehingga bisa melindungi daerah luka bakar yang dialami.

2. Luka bakar tingkatan kedua

Selanjutnya adalah luka bakar yang mempunyai gejala dan juga kondisi yang lebih serius dibandingkan luka bakar sebelumnya. Luka bakar tingkat kedua ini mempunyai luka yang menembus hingga ke lapisan kulit sehingga tidak hanya di luar kulit saja. Jenis luka ini juga menyebabkan kondisi kulit yang sangat merah, rasa sakit yang parah, dan juga membuat kulit melepuh. Tampilan kulit ketika mengalami luka bakar tingkat kedua ini akan basah dan lembek dan dapat membuat jaringan kulit di atas luka ketika sudah kering dan berbekas. Perawatan jenis luka bakar tingkat kedua ini bisa dengan merendam kulit yang terbakar, mengonsumsi obat penghilang rasa sakit, dan mengoleskan krim antibiotik.

3. Luka bakar tingkat ketiga

Luka bakar tingkatan ketiga merupakan jenis yang paling parah dengan tanda adanya warna putih, gosong, luka yang membuat kulit terbuka dan kasar, hingga melepuh. Jenis luka bakar ini perlu mendapatkan perawatan yang serius bahkan juga dengan operasi. Untuk perawatannya tidak bisa sendiri dan harus dilakukan oleh tenaga medis yang berpengalaman.

Setiap tingkatan luka bakar membutuhkan perawatan luka yang berbeda tergantung dari kondisi yang dipunyai. Bagi yang membutuhkan perawatan untuk luka bakar yang dipunyai bisa menggunakan jasa Aido. Aplikasi kesehatan ini bisa di unduh untuk menggunakan jasa perawatan untuk luka bakar yang dipunyai dengan stadium tertentu. Selain luka bakar, perawatan di rumah untuk luka yang dialami juga bisa dimanfaatkan bagi pasien yang berbaring dalam waktu lama, baru menjalani operasi, hingga luka diabetes dan stroke.