Cara memulai Bisnis Skincare dengan Modal Minim

Terlihat cantik dan sehat merupakan keinginan setiap wanita di dunia ini, begitu juga yang menjadi keinginan para kaum hawa di negara kita, Indonesia. Bersumber dari hal tersebut maka banyak bermunculan produsen skincare latau brand Indonesia sendiri yang masih terus berlomba-lomba membuat produk yang tepat dan di sukai masyarakat. Hal ini tentuanya akan membuat peluang bisnis skincare semakin terbuka lebar dan mudah di jalankan untuk orang awam sekalipun, karena akan lebih banyak pilihan dari produk skincare sendiri.

Kosmetik atau skincare memang tidak bisa di lepaskan dari kehidupan sehari-hari wanita Indonesia, bahkan sekarang banyak pria yang juga menggunakan produk skincare untuk kesehatan wajahnya, menjaga tetap terlihat segar, sehat, tidak keriput dan glowing (besinar).

Timbul pertanyaan, berapa sih modal untuk memulai usaha skincare? Pada umumnya pemikiran masyarakat untuk memulai usaha ini, butuh modal yang sangat besar, akan tetapi pada kenyataannya usaha skincare ini bisa di juga di lakukan dengan modal yang sangat Minim bahkan tanpa modal. Nah dalam artikel ini, planetusaha mencoba memberikan informasi bagaimana cara menjalankan usaha skincare dengan modal minim.

Peluang Bisnis Skincare

Pada perkembangan sekarang, bergesernya anggapan bahwa wajah adalah salah satu investasi yang harus di jaga kecantikan di masa mendatang membuat prospek bisnis skincare sangat bagus, baik di masa sekarang maupun di masa yang akan datang, bahkan salah satu produk yang tidak terkena dampak pandemi adalah penjualan produk skincare, dan masyarakan sudah menggagap kebutuhan akan perawaran terutama wajah, adalah sudah menjadi kebutuhan pokok.

Tidak hanya perempuan, pada saat ini banyak kaum Adam yang juga menggunakan produk perawatan wajah, guna tetap terlihat tampan dan rupawan, di karenakan pemakaian skincare tidak lagi dianggap hal tabu oleh pria. Hal tersebut menambah market pasar produk skincare sangatlah lebar.

Bahkan ada sebuah penelitian atau survei, jika permintaan produk perawatan wajah atau skincare di Indonesia, setiap tahunnya semakin bertambah secara signifikan peningkatannya.

Cara Memulai Usaha Skincare Dengan Modal Minim

Trend atau berkembangnya penggunaan produk skincare sekitar tahun 2016 – 2017 lalu, dan sampai saat ini terus meningkat, saat ini trend tidak lagi soal kecantikan, akan tetapi sudah mengarah ke kesehatan, maka dari itu sudah wajib kiranya tetap menjaga kesehatan, salah satunya dengan pamakaian skincare secara rutin.

Bisnis Skincare sebenarnya bisa di laksanakan oleh siapa saja dan dimana saja. Bahkan oleh ibu rumah tangga atau sebagai bisnis rumahan. Sejak 2 tahun terakhir di masa pandemi, permintaan akan produk kecantikan terus meningkat tajam.

Beberapa Cara Memulai Bisnis Skincare

Produk dari skincare sendiri memiliki rentang harga yang bermacam-macam. Mulai dari harga puluhan ribu sampai ada yang jutaan rupiah. Berikut beberapa cara yang dapat Anda manfaatkan untuk memulai bisnis skincare.

1. Membuka jasa “Jastip” atau titip order

Ini adalah salah satu cara bagaimana mensiasasi dan meminimalisir modal dalam manjalankan bisnis skincare, yaitu dengan membuka jasa titipan, atau preorder. Kita tidak perlu modal untuk berbelanja stok terlebih dahulu, cukup memungut pembayaran dari pengguna jasa, selanjutnya ketika konsumen sudah membayar maka kita baru membelanjakannya, dan kita bisa mendapatkan penghasilan jasa titipan dari sistem ini.

2. Menjadi Reseller atau Dropshiper

Perbedaan reseller dan dropshiper sebenarnya ada di 2 pokok, pertama adalah modal yang di keluarkan, kemudian yang kedua adalah cara kerja keduanya. Selain kedua point pokok tersebut keduanya sama-sama menjadi perantara dari Agen / Supliyer untuk menjual barang.

Reseller membutuhkan modal yang lebih besar dari Dropshiper, karena biasanya reseller membeli stok beberapa produk tersebihu dahulu sedangkan dropshiper tidak perlu stok barang terlebih dahulu. Jelas keutungan dari kedua sistem tersebut lebih besar keuntungan jika menjadi Reseller Skincare.

3. Berjualan melalui toko fisik

Cara ini juga cukup ampuh jika di jalankan, akan tetapi modal yang dibutuhkan tentusaja lebih tinggi, karena kita perlu menyediakan tempat/lokasi untuk berjualan dan stok barang harus ready di tempat jualan belum lagi biaya membeli peralatan jualan seperti etalase, kursi dll. Hal tersebut sebenarnya bisa di siasati dengan cara menggabungkan dengan bisnis lain, seperti salon kecantikan, jadi salan kecantikan yang menyediakan produk skincare.

Jika anda yakin untuk memilih cara ini, Anda perlu memikirkan juga biaya operasional, seperti listrik, pegawai, internet dan kebutuhan operasional lainnya.

4. Maklon Kosmetik

Usaha Maklon Kosmetik bisa Anda pilih jika ingin membuat brand kosmetik sendiri, akan tetapi tidak perlu membuat pabrik, tentusaja hal ini akan memangkas banyak sekali modal yang di butuhkan, paling 100 s.d 200 juga sudah bisa mempunyai brand sendiri, yaitu dengan mamanfaatkan jasa maklon (menitipkan produksi kepada pabrik yang sudah layak, terstandarisasi dan tersersertifikasi) dengan menggunakan brand kita sendiri.

Itulah di atas 4 cara bagaimana kita bisa membuka bisnis skincare dengan modal minim, akan tetapi selain itu kami sampaikan juga beberapa tips agar usaha bisa berjalan lancar dan mengurangi resiko.

Berikut Tips Bisnis Skincare yang bisa Anda lakukan

1. Jualah produk yang asli, agar reputa sitetap terjaga

Selain bahaya dari sisi hukum, reputasi kepada konsumen juga perlu kita jaga, di karenakan di luar sana banyak sekali skincare yang notabennya adalah barang KW, meniru dari merk-merk yang terkenal. Pastikan dengan teliti produk skincare yang akan di jual adalah barang asli.

2. Pastikan produk skincare yang di jual sudah terregister di BPOM

DI indonesia, ada BPOM (Badan Pobat Obat dan Makanan) yang mengatur dan memberikan standar kandungan yang ada di skincare, agar tidak terjadi penggunaan bahan-bahan yang berbahaya jika di gunakan. Ini juga Anda harus bener-bener bisa cek apakah produk tersebut sudah bersertifikasi BPOM atau belum. Anda bisa cek nomor BPOM suatu produk skincare secara online melalui website resmi https://cekbpom.pom.go.id.

Akan lebih baik lagi, jika produk yang di jual sudah mengantongi sertifikat halal dari MUI.

3. Promosikan produk secara digital

Pada masa cepatnya era komunikasi digital, sangat cocok sekali jika Anda menjalankan Bisnis Skincare dalam berpromosi, selain mempromosikan secara offlline, Anda juga di harapkan bisa mempromosikannya secara online, atau digital. Salah satunya dengan mempromosikannya melalui Media sosial,, seperti Facebook, Instagram, dan Twitter sangat relevan dengan konsumen saat ini. Atau bisa menjual di marketplace-marketplace yang ada di Indonesia saat ini.

Dari uraian di atas, kami memberikan rekomendasi untuk Anda salah saru Produk Skincare yang bisa anda gunakan untuk Bisnis Skincare dengan modal yang cukup minim adalah Reglow, selain sudah mengantongi izin dari BPOM dan Halal MUI, jika Anda bergabung menjadi Reseller atau Dropshiper segala keperluan marketing (marketing kit) sudah di sediakan.

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan banyak ilmu tentang jualan dan digital marketing yang akan di berikan oleh team reglow.

Apakah Anda Mau bisnis skincare Anda berkembang lebih besar dan bebas mengaturnya? Tunggu apalagi gabung menjadi Mitra Reglow Sekarang.