Cara Membuat Waktu Berkualitas dengan Anak

 

 

Menghabiskan waktu berkualitas dengan anak Anda lebih berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Ini adalah interaksi sederhana dan bermakna, seperti cerita sebelum tidur dan makan malam keluarga, yang penting untuk perkembangan anak Anda dan hubungan di masa depan. Sebagai orang tua, Anda sedang mempersiapkan anak-anak Anda untuk kesuksesan akademis dan karir yang memuaskan.

Anda juga membantu mengatur pola untuk persahabatan dan romansa dewasa mereka. Bahkan jika Anda merasa kekurangan waktu dan menangani banyak tanggung jawab di rumah atau di kantor, Anda mungkin akan terkejut dengan banyaknya peluang yang ada untuk memasukkan Waktu Berkualitas ke dalam rutinitas harian Anda. Ingatlah hal-hal ini ketika harus menghabiskan waktu berkualitas bersama anak Anda:

Yuk simak beberapa tips membuat waktu berkualitas dengan anak yang saya dapatkan dari Popmama Parenting Academy 2021

Jadilah Otentik

Apakah Anda merasa sedikit bersalah ketika melihat postingan Facebook dari orang tua yang membawa anak-anak mereka berlibur eksotis atau memanjakan mereka dengan hobi yang mahal? Alih-alih membuat perbandingan, lebih konstruktif untuk fokus pada aktivitas yang sesuai dengan anggaran dan gaya hidup keluarga Anda. Anak-anak menikmati dan menghargai kegiatan keluarga yang sederhana dan tidak harus boros.

Perhatikan

Biarkan anak Anda tahu betapa Anda peduli padanya. Dengarkan baik-baik apa yang mereka katakan. Saat Anda bersama, cobalah untuk hadir sepenuhnya alih-alih melihat ponsel Anda atau memikirkan daftar tugas Anda. Hal-hal itu akan selalu ada, dan menyaksikan anak Anda tumbuh besar terjadi dengan cepat.

Bagaimana Cara Membuat Waktu Berkualitas dengan Anak?

Tunjukkan Penghargaan

Beri anak Anda banyak pujian dan penguatan positif. Ucapkan selamat kepada mereka ketika mereka meningkatkan nilai mereka dalam mata pelajaran yang sangat menantang bagi mereka. Ucapkan terima kasih kepada anak Anda karena telah bersabar dengan adik-adiknya atau mengatur meja tanpa diminta.

Temukan Minat Anak Anda

Cari tahu apa yang mereka suka lakukan sehingga Anda dapat berpartisipasi juga. Anda berdua dapat menikmati bermain video game atau mendengarkan musik rock klasik, misalnya. Bersikaplah terbuka untuk mencoba sesuatu yang baru bersama yang mungkin Anda berdua nikmati.

Lakukan Pembaruan Sesuai Kebutuhan

Ingatlah bahwa kebutuhan anak Anda akan berubah seiring waktu. Saat mereka tumbuh dari balita menjadi remaja, mereka mengharapkan lebih banyak kemandirian, tetapi mereka mungkin masih akan menerima undangan untuk berlatih mengemudi atau menonton olahraga favorit bersama.

Tetap Tersedia

Quality time bisa terjadi dimana saja dan kapan saja. Anda pasti akan menemukan peluang yang menjanjikan selama Anda membuat diri Anda mudah didekati dan diakses oleh anak Anda. Gunakan Waktu Berkualitas untuk membangun hubungan positif dengan anak Anda dan berikan mereka dasar yang kuat untuk menjadi orang dewasa yang bahagia dan produktif.