Cara Kerja dan Peranan Fintech Bagi Masyarakat

Financial technology atau fintech menjadi istilah yang trend di dunia keuangan saat ini. Dimana anda bisa memaksimalkan alokasi keuangan anda melalui aplikasi keuangan yang disediakan oleh fintech. Namun bagaimana cara kerja dan peranan fintech bagi masyarakat?

Cara Kerja dan Peranan Fintech Bagi Masyarakat

Fintech menjadi solusi masyarakat yang membutuhkan pinjaman uang dengan mudah. Baik untuk kebutuhan pokok maupun untuk modal usaha, fintech bersedia melayaninya. Karena menggunakan teknologi, ada baiknya anda mengetahui cara kerja dan peranan fintech bagi masyarakat seperti pada pembahasan berikut ini.

Mengenal Fintech

Fintech merupakan salah satu inovasi pengelolaan keuangan digital yang menyediakan layanan simpanan, pinjaman serta pembayaran tagihan rumah tangga. Fintech sendiri dikeluarkan oleh perusahaan jasa keuangan yang dilegalisasikan kepada OJK.

Kemunculan Fintech Indonesia berawal dari kebiasaan masyarakat yang bergantung pada penggunaan gadget. Selain itu, kebutuhan pinjam meminjam uang dari konvensional menjadi lebih maju. Sehingga apapun yang dibutuhkan setiap orang bisa dijangkau dalam waktu singkat.

Cara Kerja Fintech

Cara kerja fintech sendiri cukup sederhana, dimana sebuah perusahaan industry keuangan mendaftarkan layanannya keoada OJK dan AFPI. Perizinan tersebut berlanjut hingga ke proses pengawasan, dimana fintech harus mengikuti regulasi serta ketentuan yang diberlakukan.

Namun hingga kini banyak beredar fintech illegal yang tidak terdaftar OJK. Menawarkan sejumlah modus layanan yang kedepannya justru merugikan masyarakat. Sehingga dalam hal ini, masyarakat wajib selektif dalam memilih layanan fintech resmi dan telah terlegalisasi.

Peranan Fintech Bagi Masyarakat

Sejauh ini, fintech yang legal telah membantu masyarakat secara positif dalam hal pemenuhan kebutuhan. Baik untuk memenuhi kebutuhan pokok, modal usaha, mempermudah berbagai jenis pembayaran, hingga investasi.

Memang banyak keuntungan yang didapatkan masyarakat dari penggunaan fintech. walaupun tidak sedikit fintech abal-abal yang beredar dan hanya meraup keuntungan dari para korbannya. Dalam hal ini, bekali wawasan anda seputar fintech hanya di Dunia Fintech.

Itulah pembahasan mengenai cara kerja dan peranan fintech bagi masyarakat. Karena semakin banyak inovasi yang dikembangkan dari fintech, maka anda membutuhkan informasi terkini darinya. Kunjungi Dunia Fintech untuk mengetahui informasi teraktual seputar fintech.