Bukan Tentang Benar dan Salah! Beginilah Cara Gosok Gigi yang Tepat Untuk Anak-Anak

Tentunya menggosok gigi secara rutin saja belum bisa menjaga kesehatannya. Oleh karena itu, kalian perlu menerapkan cara-cara yang tepat agar bisa memaksimalkannya, entah itu untuk diri sendiri, anak-anak, ataupun keluarga di rumah.

Meskipun telah dilakukan rutin 2 kali sehari, menyikat gigi saja sebenarnya masih belum cukup untuk membersihkan sela-sela ataupun sudut-sudut yang memang sulit sekali dijangkau. Mengingat hal tersebut sangatlah penting, maka dilakukan cara yang tepat agar bisa menjaga kesehatan mulut dan gigi.

Akan tetapi, pastikan juga bulu sikat yang digunakan memiliki tekstur yang lembut, supaya tidak menimbulkan gigi yang sakit, dan pastikan juga memilih kepala sikat yang sesuai dengan ukuran mulut. Lantas bagaimanakah cara gosok gigi yang tepat, agar tidak menyakiti mulut itu sendiri?

Bagaimana Cara Menggosok Gigi yang Tepat Untuk Anak-Anak?

Agar terindar dari masalah kesehatan gigi, alangkah baiknya para orang tua, anak-anak, remaja, dan orang dewasa, selalu memperhatikannya. Terapkan cara menggosok gigi berikut ini, agar terhindar dari masalah tersebut. Apa saja itu?

  1. Mengawali dengan Gigi Geraham

Setelah membasahi sikat gigi dengan air ditambahkan dengan pasta gigi secukupnya, maka yang perlu dilakukan selanjutnya yaitu menggosok terlebih dahulu geragam, entah itu selama 20 detik ataupun lebih juga boleh.

Pastikan juga, untuk menggosok gigi geraham dari atas ke bawah, cara ini dilakukan untuk menghilangkan plak dan sisa makanan yang terdapat pada permukaannya.

  1. Sikat Bagian Depan

Kalau sudah menyikat gigi geraham, maka arahkan terlebih dahulu ke bagian depan luarnya. Gerakan secara melingkar dan perlahan, hingga semua permukaan depannya terkena, agar makanan dan plak bisa tersapu bersih.

Jika sudah, maka bisa menyikat bagian dalamnya secara vertical, atau bisa orang sebut dengan mencangkul, baik dari deratan atas maupun bawah.

  1. Sikat Permukaan

Ketika semuanya sudah dirasa bersih, maka sikat permukaan mengunyah juga, sehingga tidak ada yang tersisa dari makanan yang mungkin ada pada saat kalian mengunyah makanan. Sikatlah secara bersamaan, agar semuanya bisa bersih dan tidak meninggalkan sisa sama sekali.

  1. Sikat juga Area Lidah

Kalaupun semuanya dirasa sudah bersih, maka yang pelu kalian lakukan terakhir yaitu menyikat seluruh area lidah. Karena di sana, terdapat banyak sekali bakteri-bakteri yang menempel, entah itu dari sisa makanan ataupun minuman.

Pastikan untuk menyikat area lidah dengan bersih, selain memiliki kegunaan untuk kesehatan mulut dan gigi juga, ternyata bisa juga mengurangi bau mulut yang kurang sedap. Sehingga hari-hari kalian akan menyenangkan dengan bau mulut yang segar.

Nah, itulah beberapa cara menggosok gigi yang tepat, bisa untuk anak-anak, remaja, orang dewasa, bahkan orang tua. Pastikan menyikatnya secara bersih agar tidak meninggalkan sisa makanan yang membuat mulut jadi bau.