Biaya Universitas Telkom

Biaya kuliah Universitas Telkom banyak dicari oleh calon mahasiswa yang berminat melanjutkan ke Universitas Telkom Bandung. Karena Universitas Telkom dinobatkan sebagai kampus swasta terbaik versi KEMENRISTEK DIKTI sehingga menjadi impian banyak anak muda Indonesia.

Masuk ke universitas ini bisa melalui beberapa jalur, seperti jalur undangan seleksi mitra, jalur ujian tulis, jalur kelas internasional, jalur program lanjutan, jalur PJJ, jalur beasiswa dan jalur prestasi akademik. Banyak jalan bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan ke Telkom University.

Rincian Biaya Universitas Telkom

Sebelum memasuki dunia perkuliahan, selain mengetahui jurusan yang sesuai dengan bakat dan minat, juga harus tahu rincian biayanya. Biaya kuliah Universitas Telkom juga bervariasi, tergantung dari cara masuknya dan program studi yang akan Anda ambil. Biaya kuliah di Universitas Telkom meliputi:

1. Jalur Seleksi Reguler

  • Pembayaran biaya penyelenggaraan pendidikan setiap semester sebesar Rp 8 juta sampai  dengan Rp 18 juta.
  • Membayar sumbangan Dana Pengembangan pendidikan reguler yang sekali saat awal kuliah sebesar Rp 4 juta sampai dengan Rp 38 juta.
  • Uang partisipasi penyelenggaraan pendidikan juga harus Anda bayarkan di awal kuliah sebesar Rp 8 juta sampai dengan Rp 20 juta.

Saat mahasiswa baru sudah terlanjur membayar semua tetapi mengundurkan diri, maka biaya pertama dan kedua akan dapat meminta pengembalian. Namun untuk uang partisipasi penyelenggaraan pendidikan tidak dapat meminta pengembalian.

 2. Jalur Seleksi Undangan Seleksi Mitra

  • Pembayaran biaya penyelenggaraan pendidikan setiap semester sebesar Rp 8 juta sampai  dengan Rp 18 juta.
  • Membayar sumbangan Dana Pengembangan pendidikan reguler sekali saat awal kuliah sebesar Rp 15 juta sampai dengan Rp 38 juta.
  • Uang partisipasi penyelenggaraan pendidikan juga dibayar di awal kuliah sebesar Rp 8 juta sampai dengan Rp 20 juta.

3. Jalur Kelas Internasional

  • Pembayaran biaya penyelenggaraan pendidikan setiap semester sebesar Rp 18 juta sampai dengan Rp 20 juta.
  • Membayar sumbangan Dana Pengembangan pendidikan reguler sekali saat awal kuliah sebesar Rp 38 juta.
  • Uang partisipasi penyelenggaraan pendidikan juga Anda bayarkan di awal kuliah sebesar Rp 18 juta sampai dengan Rp 20 juta.

Memang sepintas cukup mahal biaya kuliah Universitas Telkom yang harus Anda persiapkan saat memasuki gerbang perkuliahan. Namun ilmu yang akan Anda dapatkan sebanding dengan biaya yang Anda keluarkan. Akan menjadi bekal yang handal saat terjun di dunia kerja dan meniti masa depan.