Berikut Ini Doa Untuk Orang Yang Sudah Meninggal Dunia

 

Ketika seorang muslim meninggal dunia, baik laki-laki maupun perempuan, maka kita yang masih hidup hendaknya berbicara yang baik dan mendoakannya.

Ada beberapa doa untuk orang yang sudah meninggal dunia yang bisa diucapkan. Oleh karena itu, dalam tulisan kali ini memberikan beberapa contoh doa untuk orang yang sudah meninggal dunia sebagai berikut :

1. Doa Untuk Orang Yang Meninggal Dunia Berjenis Kelamin Laki-Laki

Doa untuk orang yang sudah meninggal dunia berjenis kelamin laki-laki adalah sebagai berikut :

Allahumaghfir lahu warham hu wa’afi hii wa’fu anhu wa akrim nuzula hu wa wassi’ madkhola hu waghsil hu bilmaai wats-tsalji walbarodi wanaqqi hi minal khotooyaa kamaa yunaqots tsaubal abyadlu minaddanasi wa abdil hu daaron khoiron min daari hi wa ahlan khoiron min ahli hi wazaujan khoiron min zaoji hi wa adhkhil hul jannata wa ‘aidz hu min ‘adzaabil qobri wa fitnati hi wa min ‘adzzabin naar.

Artinya : “Ya Allah, ampunilah, rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta istri yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke dalam surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya dan dari siksa api neraka.”

2. Doa Untuk Orang Yang Meninggal Dunia Berjenis Kelamin Perempuan

Sebenarnya doa untuk orang yang meninggal berjenis kelamin perempuan sama dengan doa untuk laki-laki. Akan tetapi, ada beberapa bagian yang diganti yang menunjukkan perempuan seperti lafaz “hu” diganti menjadi “ha”, Berikut bunyi doanya :

Allahumaghfir laha warham ha wa’afi hii wa’fu anha wa akrim nuzula hu wa wassi’ madkhola ha waghsil hu bilmaai wats-tsalji walbarodi wanaqqi hi minal khotooyaa kamaa yunaqots tsaubal abyadlu minaddanasi wa abdil hu daaron khoiron min daari hi wa ahlan khoiron min ahli hi wazaujan khoiron min zaoji hi wa adhkhil hul jannata wa ‘aidz hu min ‘adzaabil qobri wa fitnati hi wa min ‘adzzabin naar.

Artinya : “Ya Allah, ampunilah, rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta suami yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke dalam surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya dan dari siksa api neraka.”

3. Doa Untuk Orangtua Yang Meninggal

Salah satu tanda bakti anak terhadap orangtua yang sudah meninggal adalah dengan cara mendoakannya. Adapun doanya adalah sebagai berikut ini :

Rabbighfir li, wa li walidayya, warham huma kama rabbayani shaghira.

Artinya : “Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orang tuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu aku kecil.”

Mungkin itu saja artikel kali ini tentang seputar doa untuk orang yang sudah meninggal dunia. Semoga bermanfaat khususnya bagi anda yang membutuhkan referensi tentang doa untuk yang meninggal dunia.