Bagaimana cara menggunakan sirup Sucralfate untuk Gastritis?

Gastritis adalah istilah untuk peradangan pada lapisan lambung. Gejalanya biasanya gangguan pencernaan dan sakit perut. Ketidaknyamanan ini bisa sangat serius dan menyebabkan pendarahan dari luka pada lambung atau kanker.

Jika Anda berpikir bahwa Anda menderita gastritis, maka Anda harus segera menemui dokter. Mereka akan dapat mendiagnosis gastritis dengan melakukan beberapa tes seperti endoskopi, ultrasound, atau tes darah. Setelah diagnosis, dokter Anda mungkin meresepkan sirup Sucralfate untuk membantu mengobati gastritis Anda.

Anda dapat menggunakan sirup Sucralfate untuk mengobati gastritis dengan mengikuti petunjuk berikut:

  • Minum obat ini sesuai resep dan ikuti petunjuk yang tertulis pada label resep. Untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan semua manfaat dari obat ini, minumlah setiap hari pada waktu yang hampir sama setiap hari sesuai petunjuk dokter.
  • Ingatlah bahwa obat ini tidak akan menyembuhkan gastritis dengan sendirinya. Jika gejala Anda tidak membaik atau menjadi lebih buruk, maka Anda harus menghubungi dokter Anda sesegera mungkin.
  • Anda dapat menyimpan sirup Sucralfate dalam wadah tertutup pada suhu kamar jauh dari panas dan kelembaban. Periksa botol untuk kerusakan sebelum digunakan.
  • Jika Anda menggunakan obat ini untuk gastritis, maka penting untuk diingat bahwa Anda mungkin lebih rentan terhadap luka dan pendarahan.

Harga Sirup Sucralfate

Sirup Sucralfate dapat kita temukan di apotek online dan offline. Kisaran harga sucralfate sirup adalah sekitar 15.000 rupiah sampai 25.000 rupiah tergantung merk obat yang akan Anda beli.

Efek samping

Beberapa efek samping dari sirup Sucralfate termasuk mual, muntah, diare, sembelit, dan sakit kepala. Jika Anda mengalami salah satu dari efek ini maka segera hubungi dokter Anda atau pergi ke ruang gawat darurat.

Jika Anda lupa satu dosis, jangan mengambil satu dosis tambahan untuk menebus yang terlewat, lewati saja dan lanjutkan dengan jadwal dosis reguler Anda. Jangan mengambil lebih dari dosis yang disarankan untuk mencoba dan menebus yang terlewatkan.

Tindakan pencegahan

Sebelum menggunakan sirup Sucralfate, beri tahu dokter Anda jika Anda alergi terhadapnya atau jika Anda alergi terhadap salah satu bahan di dalamnya seperti manitol, sorbitol, crospovidone, tartrazine. Beri tahu dokter Anda jika Anda sedang hamil, berencana untuk hamil, atau menyusui.

Anda harus konsultasikan ke dokter terlabih dahulu sebelum mengkonsumsi sirup Sucralfate jika Anda memiliki salah satu dari kondisi berikut: maag yang disebabkan oleh jenis bakteri tertentu, perforasi (lubang) di perut atau saluran usus Anda; usus tersumbat; mulas yang disebabkan oleh penyakit refluks gastroesofageal (GERD); masalah pembekuan darah; pendarahan atau luka di perut, usus, atau kerongkongan Anda; jika Anda menggunakan obat-obatan berikut: Omeprazole (Prilosec), tablet Sucralfate (Carafate), Antasida (Maalox, Mylanta, Tums, Rolaids), atau Natrium bikarbonat (Alka-Seltzer).

Jika Anda akan menjalani operasi, beri tahu dokter bahwa Anda sedang mengonsumsi sirup Sucralfate. Obat ini akan mempengaruhi bagaimana darah Anda menggumpal dan dapat memperburuk pendarahan. Juga jika Anda berencana untuk mendonorkan darah, beri tahu dokter Anda sehingga mereka dapat membantu Anda memilih jumlah darah yang tepat untuk disumbangkan.

Dokter Anda perlu melakukan tes darah secara teratur untuk memastikan bahwa obat tersebut tidak menyebabkan masalah dengan cara kerja hati atau ginjal Anda, dan juga untuk memeriksa apakah obat ini efektif untuk mengobati gastritis.

Sirup Sucralfate tidak boleh diberikan pada anak-anak. Hindari minum alkohol saat Anda mengonsumsi sirup Sucralfate, dan hindari makan jeruk atau minum jus jeruk saat dirawat dengan obat ini karena dapat menyebabkan lebih banyak efek samping.