Apa yang Dimaksud Arduino Uno?

Salah satu motherboard yang digunakan dalam proses hardware pc adalah Arduino Uno. Tentu saja bagi seseorang yang tengah menggeluti bidang komputer akan sangat membutuhkan informasi tentang Arduino uno tersebut. Melalui artikel ini anda akan mengenal apa itu Arduino uno dan penjelasan lainnya.

Pengertian dari Arduino Uno

Sebelum melangkah ke informasi lainnya, tentu anda wajib mengetahui terlebih dahulu ap aitu Arduino uno. Sejatinya, Arduino uno ini adalah jenis dari papan mikrokontroller yang berbasis ATmega328. Papan ini merupakan tembusan dari peluncuran papan mikrokontroller kedepannya yaitu Arduino Uno Board 1.0.

Bagian – Bagian dari Arduino Uno

Bukan hanya pengertiannya, tentu saja kita harus mengetahui bagian – bagian dari Arduino uno. Adapun bagian – bagian yang dimiliki oleh papan mikrokontroller ini adalah pipa koneksi USB, pipa cololan listrik, pin-14 I / O digital, resonator keramik-A16 MHz, i / ps-6 analog, , tombol RST, dan header ICSP.

Bagaimana Menggunakan Arduino Uno?

Setelah mengetahui pengertian dan bagian – bagian yang terdapat pada Arduino uno, maka hal selanjutnya yang perlu anda ketahui adalah cara menggunakan Arduino uno ini. Adapun cara menggunakannya adalah melakukan penginputan yang telah disetel khusus bahwa jenis papan mikrokontroller ini dapat mendeteksi lingkungan.

Setelah itu, hasil penginputan yang mempengaruhi lingkungan seperti lampu, actuator lain, dan pengontrolan motor akan menghasilkan informasi spesifik yang mengoneksikan aktivitas – aktivitas tersebut kepada perangkat lunak yang terdapat pada PC. Maka, sebuah perlakukan terhadap aktiviats computer dapat dilakukan secara lebih mudah dan cepat menggunakan papan ini.

Ciri – Ciri dari Arduino Uno

Terdapat beberapa ciri – ciri yang terdapat untuk mengenali Arduino uno. Adapun ciri – ciri yang dimaksud terletak spesifiknya pada ukuran. Adapun ukuran yang dimiliki oleh Arduino Uno Panjang 2,7 dan lebar 2,1 Inci. Ukuran ini cukup berbeda dengan pipa koneksi listrik dan USB yang dimiliki oleh papan sehingga pemasangannya perlu dilakukan pengukuran spesifik.

Berdasarkan penjelasan – penjelasan di atas tentu saja anda semakin memahami tetang Arduino uno. Mulai dari pengertian, bagian – bagian, cara penggunaan, hingga ciri – cirinya haruslah anda pahami dengan baik!^^