Apa Saja Fungsi dari Konsultan Pajak

Suatu perusahaan dalam menjalankan manajemen keuangannya pasti tak lepas dari yang namanya pelaporan pajak. Pelaporan pajak dilakukan dengan mengisi SPT di kantor pajak. Tak sedikit wajib pajak merasa bingung karena setiap waktu terjadi perubahan perundang-undangannya. Sehingga diperlukan peran konsultan pajak untuk membantu pelaporan pajak..

Apa Saja Fungsi dari Konsultan Pajak

Konsultan pajak memiliki peran penting sebagai penyedia layanan konsultasi seputar perpajakan. Kehadiran konsultan pajak diharapkan mampu membantu para wajib pajak untuk melaksanakan kewajiban pembayaran pajak. baik pajak PPh, PPN, PBB sektor P5L dan Bea Meterai. Adapun fungsi dari layanan konsultan pajak dapat anda ketahui pada pembahasan berikut ini.

1.      Sebagai Penyampai Informasi Pajak

Hadirnya konsultan pajak sangat berguna sebagai penyampai informasi perpajakan teraktual. Konsultan pajak akan menjelaskan segala hal yang berhubungan dengan pajak, seperti pengisian SPT, pengkoreksian fiskal, perhitungan pajak dan perpajakan lainnya. tak hanya itu, konsultan pajak akan memberikan nasihat dan saran terbaik bagi wajib pajak dalam pelaporan pajak.

2.      Membantu Wajib Pajak dalam Pengurusan Data

Seringkali wajib pajak yang belum berpengalaman bingung dalam mempersiapkan data pelaporan pajak. Dalam hal ini, konsultan pajak akan memberikan layanan berupa bantuan untuk mempersiapkan pengurusan data yang diminta kantor pajak. Contohnya seorang wajib pajak harus menyertakan NPWP dan bukti potong dalam pelaporan SPT.

3.      Menekan Wajib Pajak untuk Membayar Biaya

Tak sekedar memberikan layanan untuk pelaporan pajak saja, konsultan pajak juga memiliki wewenang untuk menekan wajib pajak agar membayar biaya pajak. besaran pajak yang dibayarkan wajib pajak hendaknya sesuai dengan perhitungan pajak yang dipilih serta mengacu pada undang-undang perpajakan yang berlaku.

4.      Membantu Meminimalisir Risiko Kesalahan Pelaporan Pajak

Banyak wajib pajak sering salah saat melaporkan pajaknya. Baik dalam pengisian SPT maupun perhitungan pajaknya. Konsultan pajak hadir untuk membantu anda meminimalisir risiko salah input/lapor. Agar tak salah, sebaiknya anda memilih jasa konsultan pajak terpercaya. GPC Konsultan Pajak akan membantu anda dalam mengurus perpajakan perusahaan anda.

Beberapa fungsi dari konsultan pajak diatas dapat anda rasakan pada layanan yang diberikan oleh Great Performance Consulting. Dalam satu tempat anda akan memperoleh layanan konsultasi pajak oleh konsultan professional. Tak perlu jauh-jauh datang ke kantor, karena GPC konsultan pajak melayani konsultasi online melalui WA ataupun mengakses halaman websitenya.