6 Cara Menjaga Kesehatan Dan Keawetan Rambut Pirang

13 Warna Rambut untuk Kulit Sawo Matang yang Bikin Wajah Cerah

Warna rambut tentunya sangat beragam, ada banyak sekali warna rambut yang bagus seperti blonde misal atau pirang. Pirang itu sendiri memiliki variasi warna cukup luas, dan beberapa ada yang cocok dengan jenis warna kulit orang-orang Asia.

Agar bisa menjaga dengan baik warna rambut pirang supaya tetap berkilau, tidak mudah pudar atau pun rusak, terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan rutin untuk merawat rambut pirang tersebut.

Berikut ini ada beberapa caranya merawat rambut pirang atau blonde yang lebih baik dilakukan.

Usahakan melindungi rambut dari panas

Agar bisa mendapatkan warna rambut pirang berkilau, maka sangat berhubungan dengan kutikula rambut. Saat kutikula hilang, sulit rambut menjaga nutrisi dari kulit kepala, rambut bisa kering atau pun rapuh.

Panas karena alat styling misal pengering rambut atau catok bisa merusak kilau rambut. Anda dapat meminimalisir pemakaian alat styling saat menata rambut lalu gunakan saja metode alami, seperti kepang, bun, updo dan lain sebagainya.

Jika sulit mengurangi kebiasaan tersebut, pastikan selalu memakai heat protectant untuk melindungi rambut dari panas. Rawat rambut juga dengan memakai kondisioner.

Memastikan rambut terhidrasi maksimal

Agar bisa mendapatkan warna pirang lebih sempurna, butuh beberapa proses. Proses pelunturan atau bleaching biasanya dilakukan sebelum kita mewarnai rambut agar menjadi pirang.

Pada proses ini, maka dapat menghilangkan nutrisi dan minyak dari rambut, hasilnya menyebabkan rambut kering. Agar bisa membantu mengatasi kendala di atas, maka Anda dapat memakai conditioner, masker rambut berkualitas dan sebagainya.

Dengan masker rambut, maka bisa mengembalikan kelembapan sesuai berbagai tahapan pewarnaan rambut. Conditioner juga berperan penting merawat rambut berwarna serta mencegah kerusakan rambut.

Hindari rambut dari paparan sinar matahari

Bukan uap panas saja yang bisa membahayakan rambut Anda, paparan sinar UV matahari dapat juga membuat rambut menjadi kering, termasuk bisa merusak warna rambut juga. Warna pirang pun bisa berubah menjadi warna kejingga-jinggaan.

Cegahlah rambut pirang dari sinar matahari secara langsung dengan memakai topi misal saat ke luar. Jika risih memakai topi, pakai minyak anti-UV misal atau produk sejenisnya.

Pakai sampo khusus

Rambut pirang bisa lebih awet dan sehat dengan memakai sampo khusus. Pilih sampo yang diformulasikan khusus mencegah rambut pirang kering atau pun cepat pudar. Sampo tersebut memiliki pigmen khusus yang pas untuk kondisi rambut pirang.

Saat pigmen tersebut diserap folikel rambut, maka pigmen ini bisa menutupi lalu menghapus corak kejingga-jinggaan atau kuning dalam rambut. Walau begitu, berhati-hatilah memilih shampoo seperti ini.

Jadwalkan potong rambut

Pertumbuhan rambut bisa saja membuat rambut pirang kita kurang rapih. Lebih baik kalian jadwalkan potong rambut misal sekali setiap 6 minggu. Ada pun salah satu cara tepat memotong rambut yang bisa kalian coba.

Cukup dengan trim atau memotong bagian ujung sedikit saja. Hal seperti ini sebenarnya wajib dilakukan bagi anda yang rambutnya di-bleaching. Rambut pirang lebih baik harus dirawat secara telaten agar awet dan tetap terjaga kesehatan kondisi rambutnya.

Usahakan memakai air dingin saat keramas

Selain memilih sampo khusus rambut pirang, sebaiknya anda keramas dengan memakai air dingin. Mengapa? Karena sifat air dingin tersebut bisa mengunci kutikula rambut agar warna bisa lebih melekat awet.

Memang tidak mudah untuk merawat dengan maksimal rambut pirang tersebut agar warnanya bisa tetap terjaga, tetapi semuanya akan membuahkan hasil untuk penampilan terbaik.