5 Rumah Adat Sumatera yang Punya Bentuk Unik

Bentuk rumah adat di Indonesia sangat unik dan beragam. Hal ini pun bisa dilihat dari rumah adat Sumatera yang punya ciri khas tersendiri. Bahkan, beberapa diantaranya sejarah dan kegunaan yang menarik hingga sekarang.

Tak hanya unik, rumah adat juga punya fungsi, simbol, dan kegunaan saat ditempati. Rumah adat di Sumatera terkenal bertahan lama. Apakah Anda tahu semua jenis rumah adat yang dimiliki Sumatera?

Jenis-Jenis Rumah Adat Pulau Sumatera

Rumah adat pulau Sumatera punya persamaan bentuk yakni berbentuk panggung. Tiang penopang yang tinggi dan terdapat tangga untuk akses masuk. Berikut jenis rumah adat di Pulau Sumatera.

1. Rumah Gadang, Sumatera Barat

Ikon provinsi ini pasti bisa Anda lihat ketika jalan-jalan ke Sumatera Barat. Karena sudah terkenal, Anda pun bisa melihatnya di uang koin kuno Rp100 keluaran Bank Indonesia di akhir 70-an. Bentuk rumah adat yang satu ini berbentuk segi empat simetris dengan desain unik.

Memang jika dilihat terkesan menukik ke atas, sedang pada bagian luar bangunannya sedikit miring keluar. Rumah Gadang dibangun berdasar ketentuan adat yang menganut sistem matrilineal. Maksudnya, keturunan berasal dari Ibu sehingga derajat wanita paling tinggi dalam kehidupan.

2. Krong Bade, Banda Aceh

Banda Aceh punya rumah adat yang cukup unik dan dinamakan Krong Bade. Beberapa orang juga menyebutnya sebagai Rumoh Aceh yang memiliki satu ruang di bawah layaknya rumah panggung. Krong Bade punya anak tangga di seluruh rumah yang berjumlah ganjil. Ini menjadi simbol sifat orang aceh yang religius.

3. Nowo Sesat, Lampung

Rumah adat masyarakat Lampung dinamakan Nuwo Sesat. Rumah adat yang satu ini biasanya digunakan sebagai tempat musyawarah atau pertemuan tertentu. Sehingga Nuwo Sesat dikenal juga dengan Sesat Balai Agung.

Bagian bangunan rumah yang menarik perhatian yakni adanya Geladak sebagai tangga masuk, Anjungan yang dipakai sebagai pertemuan kecil, Pusiban sebagai tempat kegiatan dialog resmi, hingga Ruang Tetabuhan sebagai tempat menyimpan alat musik tradisional. Bentuk rumahnya sengaja dibuat seperti rumah panggung, sehingga desain arsitektur harus dibuat supaya tahan terhadap gempa.

4. Rumah adat Gonjong Anam

Rumah adat Sumatera selanjutnya masih berasal dari Sumatera Barat dengan sebutan Gonjong Anam. Rumah adat Gonjong Anam terlihat lebih modern karena dilengkapi ukiran Minangkabau. Salangko Gonjong Anam terbuat dari papan. Bangunan ini dilengkapi dengan banyak jendela sehingga cahaya yang masuk lebih banyak.

5. Rumah adat Gadang Batingkek

Anda bisa menemukan Gadang Batingkek di Padang. Dinamakan Gadang Batingkek karena rumah gadang ini bertingkat. Bentuknya seperti rumah Gadang Gajah maharam dan Gonjong Anam, hanya saja punya bangunan yang bertingkat.

Demikianlah beberapa rumah adat Sumatera yang setiap rumahnya memiliki keunikan dan nilai filosofis tersendiri. Anda bisa melihat semua rumah di Sumatera memiliki tiang tinggi, tapi bentuknya memang tidaklah sama.

Bagaimana sudah berminat untuk berlibur ke Sumatera dan melihat rumah adatnya secara langsung?