4 Kandungan Dalam Seafood yang Baik Bagi Tubuh

Salah satu sumber nutrisi yang baik untuk manusia adalah seafood. Ada banyak jenis seafood yang bisa dikonsumsi, mulai dari aneka jenis ikan laut, kepiting, kerang, udang,.cumi-cumi dan masih banyak lagi.

Namun tidak sedikit orang yang menghindari seafood dikarenakan meningkatnya kadar kolesterol. Padahal jika dikonsumsi dengan jumlah yang benar seafood bisa memberikan manfaat yang sangat baik.

Lantas apa saja yang terkandung di dalam seafood, yuk, simak penuturan di bawah ini.

1.     Protein

Seafood merupakan sumber protein yang berkualitas tinggi dikarenakan rendahnya lemak jahat. Protein ini sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak ataupun remaja karena bisa meningkatkan kekuatan dan massa otot.

Meskipun begitu bukan berarti orang dewasa tidak membutuhkan seafood. Karena tubuh orang dewasa pun butuh asupan makanan tinggi protein yang bisa membuat tubuh tetap kuat dan bugar.

Adapun jenis makanan laut yang memiliki protein terbaik namun juga rendah kalori dan mengandung banyak lemak sehat adalah ikan tuna dan salmon.

2.     Asam Lemak Omega 3

Makanan laut dikenal karena kandungan asam lemak omega-3 yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Kandungan DHA dan EPA memiliki peranan masing-masing. DHA mendukung perkembangan fungsi otak dan fungsi penglihatan bahkan mampu menurunkan risiko terjadinya penyakit kronis. Sementara EPA mampu melawan peradangan

Adapun contoh seafood yang mengandung asam lemak omega-3 diantaranya, ikan kembung, tongkol, tenggiri, bawal, cakalang, tuna, salmon, begitu juga dengan tiram, lobster dan juga udang.

3.     Vitamin dan Mineral

Sudah bisa dipastikan bahwa seafood mengandung sejumlah vitamin yang bisa mendukung organ tubuh tetap berfungsi secara optimal. Berikut ini adalah beberapa jenis vitamin yang terdapat di dalam seafood:

  • Vitamin A yang baik untuk kesehatan mata
  • Vitamin D untuk kesehatan tulang dan gigi
  • Vitamin B12 yang bisa melindungi sel saraf
  • Vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas

Kandungan yang tidak kalah pentingnya adalah mineral. Di mana seafood mengandung zat besi dan yodium yang penting untuk kesehatan baik untuk mencegah anemia dan juga penyakit gondok.

 

4.     Karotenoid

Udang kepiting dan juga ikan salmon merupakan sifat yang mengandung senyawa golongan karotenoid yang memiliki banyak manfaat. Bekerja sebagai antioksidan dan anti radang, makanan laut ini bisa menurunkan kadar lemak darah.

Sementara bagi anda yang membutuhkan serat dan karbohidrat dari makanan laut. Maka bisa memilih rumput laut untuk dikonsumsi. Senyawa polisakarida yang terdapat di dalamnya bisa menjaga kesehatan sistem pencernaan dan meningkatkan pertumbuhan bakteri baik.

Namun meskipun seafood banyak memberikan manfaat tetaplah mengkonsumsinya dalam jumlah yang cukup. Anda bisa membatasi konsumsi ikan ikan yang berukuran besar karena cenderung mengandung lebih banyak merkuri.

Begitu juga bagi Anda yang memiliki kolesterol tinggi dan kadar asam urat yang tinggi, imbangi makanan laut dengan makanan lainnya. Bila perlu lakukan konsultasi dengan dokter untuk memilih makanan laut yang paling tepat

Memerhatikan cara mengolahnya pun sebaiknya diperhatikan betul, agar nutrisinya tidak hilang. Salah satu cara terbaiknya adalah mengukus, namun jika Anda ingin merebusnya ini pun tidak jadi masalah selama ikan yang dimasak tidak menjadi hancur.

Itu dia kandungan-kandungan yang terdapat di dalam seafood. Berikutnya tinggal ada tentukan jenis makanan laut mana yang akan dikonsumsi setiap hari. Dapatkan seafood terbaik hanya di tanihub karena selalu dijual dalam kondisi segar.