4 Destinasi Wisata Jogja yang Cocok bagi Keluarga

Yogyakarta memang tidak bisa lepas dari wisata. Hampir setiap sudut Yogyakarta adalah tempat wisata. Mulai dari wisata alam seperti pantai atau gunung hingga wisata buatan seperti taman bermain. Oleh karena itu, tidak heran apabila banyak orang yang ingin pergi ke destinasi wisata Jogja.

Saat ini, destinasi wisata Jogja, khususnya wisata buatan sedang berkembang. Wisata tersebut biasanya diperuntukkan keluarga. Mereka bisa bermain di sana dari pagi hingga sore. Ada banyak wahana yang tersedia. Wahana tersebut tidak sekadar soal permainan, tapi ada pula yang memberikan pengetahuan. Maka, destinasi wisata Jogja seperti itu sangat digemari oleh keluarga.

Lalu, apa saja, sih destinasi wisata Jogja yang sesuai bagi keluarga. Berikut ini daftar rekomendasinya.

1. Taman Pintar

Salah satu destinasi wisata Jogja yang cukup terkenal adalah Taman Pintar. Letaknya berada di kawasan Malioboro. Lebih tepatnya berada di belakang Benteng Vredeburg. Taman Pintar adalah tempat anak-anak untuk bermain sekaligus menambah pengetahuan. Sehingga Taman Pintar lebih sering disebut sebagai wisata edukasi sains.

Wahana yang bisa dipakai sekaligus menambah pengetahuan adalah wahana gempa. Di situ, wisatawan bisa merasakan sensasi gempa. Selain itu, wisatawan akan mengerti mengapa gempa itu terjadi. Ada pula peristiwa gunung berapi mengeluarkan lahar. Selain mendengarkan dentumannya, wisatawan mengetahui mengapa gunung berapi akan mengeluarkan lahar.

2. Jogja Bay Waterpark

Ingin merasakan sensasi air namun tidak memilih untuk air laut? Jogja Bay Waterpark adalah jawabannya. Ini adalah destinasi wisata Jogja yang menyediakan 19 wahana air. Di area ini, anak-anak pasti suka karena dihujani air dari banyak wahana. Apalagi di area bajak laut. Anak-anak bisa ketagihan.

Beberapa wahana yang bisa dicoba wisatawan antara lain Bekti Adventures; papan seluncur (perosotan) yang sangat panjang. Itu bisa membawa ke berbagai area. Ada pula Memo Racer; perosotan yang digunakan saling adu kecepatan dengan wisatawan lain. Wisatawan juga bisa mencoba Brando Boomeranggo. Itu juga adu kecepatan mirip seperti Memo Racer.

3. Kids Fun

Ini salah satu destinasi wisata Jogja yang cukup populer. Bahkan, bisa dikatakan cikal bakal dari wisata bernuansa keluarga di Jogja. Ada banyak wahana di Kids Fun. Mulai dari flying fox, roller coaster, bumper car, hingga komidi putar. Jika dihitung secara keseluruhan, ada 25 wahana di Kids Fun.

Yang menarik adalah wisatawan tidak perlu membayar tiket lagi ketika mencoba satu per satu wahana. Wisatawan cukup membayar satu kali tiket masuk sehingga wisatawan bebas dan gratis menggunakan arena permainan. Jika Anda membawa anak-anak, mereka dijamin akan bahagia sekaligus puas saat bermain di sini.

4. Yogya Gokart

Jika Anda dan keluarga ingin mencari wisata dengan penuh adrenalin, cobalah mengunjungi Yogya Gokart. Ini adalah area mobil balap mini. Bisa digunakan untuk satu orang. Namun, jika Anda bersama anak-anak, masih bisa digunakan untuk dua orang. Ketika ingin mencobanya, Anda diharuskan memakai perlengkapan keselamatan sebab permainan ini penuh risiko.

Ada beberapa jenis Gokart yang bisa digunakan. Untuk usia di bawah enam tahun maka menggunakan Gokart Double karena harus didampingi orang dewasa. Jika berusia antara 6-12 tahun maka menggunakan Gokart Talon. Sedangkan jika di atas 12 tahun maka bisa menggunakan Gokart Eagle. Maksimal kecepatan yang bisa dilakukan hingga 60 km/jam.

Itulah empat destinasi wisata Jogja yang perlu kamu ketahui. Sebenarnya, masih banyak destinasi wisata Jogja yang belum ditampilkan di sini. Akan tetapi, setidaknya empat destinasi wisata itu bisa menjadi rencana kuliner bagimu saat memilih menghabiskan akhir pekan di Jogja.

Selain kamu bisa mengetahui apa yang menarik di Jogja, kamu juga bisa mengabadikan momen pemandangan dan suasana Jogja melalui gawai atau kamera. Tetap perhatikan protokol kesehatan, ya. Jaga jarak, pakai masker, cuci tangan dengan air, dan jauhi kerumunan.

Telusuri di Indonesia Travel untuk mengetahui apa saja pesona alam maupun budaya di Indonesia lainnya. Kamu bisa melihat berbagai artikel menarik lain di situs resmi Indonesia Travel. Lakukan perencanaan liburanmu dan dapatkan pengalaman tak terlupakan ketika berwisata ria di Jogja!